Menjangkau Brussels-Amsterdam Lebih Ramah Lingkungan

CNN Indonesia | Selasa, 24/09/2019 16:57 WIB
Menjangkau Brussels-Amsterdam Lebih Ramah Lingkungan Pemandangan warga kota Brussels, Belgia, yang tengah bersepeda. (REUTERS/Eric Vidal)
Jakarta, CNN Indonesia -- Demi mengurangi jejak emisi karbon dan sebagai langkah penerbangan ramah lingkungan, KLM Royal Dutch Airlines mengganti perjalanan pesawat dari Brussels ke Amsterdam dengan perjalanan kereta cepat.

Dikutip dari Lonely Planet pada Selasa (24/9), layanan baru bernama Air&Rail ini bakal diterapkan maskapai yang berbasis di Belanda itu mulai 29 Maret 2020.

Mereka bekerjasama dengan perusahaan perjalanan kereta api Thalys dan NS Dutch Railways untuk menyediakan kereta berkecepatan tinggi yang nyaman untuk penumpang dari dan ke Brussels-Amsterdam.



Sebelumnya KLM memiliki lima jadwal penerbangan dalam sehari dari dan ke Brussels-Amsterdam. Setelah kereta resmi beroperasi, mereka akan mengurangi jadwal penerbangannya menjadi empat kali dalam sehari.

Selain KLM, maskapai yang berbasis Scandinavian Airlines (SAS) juga mulai menerapkan langkah ramah lingkungan, dengan tak lagi menjual barang duty free dalam kabin untuk mengurangi jejak emisi karbon sebanyak 25 persen hingga tahun 2030.

[Gambas:Instagram]

Barang duty free yang dibawa ke dalam pesawat disebut menambah beban pesawat yang membuat pesawat mengkonsumsi bahan bakar lebih banyak saat terbang.


Perjalanan kereta dari Brussels ke Amsterdam memang telah lama digemari, terutama bagi mereka yang ingin menghemat dana atau takut terbang dengan pesawat.

Durasi penerbangan sekali jalan sekitar 1 jam, sementara durasi perjalanan kereta cepat sekali jalan sekitar 1 jam 50 menit.

Ada 36 kali perjalanan kereta dari dan ke Brussels-Amsterdam setiap harinya. Kereta-kereta tersebut datang dan tiba setiap 20 menit sekali.

Kereta pertama berangkat pukul 05.52 sementara kereta terakhir berangkat pukul 21.52.

[Gambas:Instagram]

Harga tiketnya mulai dari 27 euro (sekitar Rp418 ribu) per orang sekali jalan, tergantung jenis kereta yang dipilih; kereta cepat atau kereta biasa.

Sedangkan harga tiket pesawatnya mulai dari Rp2,1 juta per orang sekali jalan.

Bagi turis Indonesia jangan lupa mengantongi visa Schengen yang akan diperiksa saat naik atau turun kereta, baik di Brussels atau Amsterdam.

Informasi tiket kereta dari Brussels ke Amsterdam bisa diketahui lebih lanjut di situs resmi RailEurope.

(ard/ard)