Cara Menuju Bandara Soetta di Tengah Aksi Demo

CNN Indonesia | Selasa, 24/09/2019 21:41 WIB
Cara Menuju Bandara Soetta di Tengah Aksi Demo Ilustrasi. (ANTARA/Widodo S. Jusuf)
Jakarta, CNN Indonesia -- Ruas tol Cawang ke Tomang kerapkali lumpuh setiap kali ada demonstrasi yang terjadi di depan kompleks Gedung MPR/DPR, seperti yang terjadi akibat aksi massa menolak RUU KUHP sejak awal pekan ini.

Tak hanya warga yang bermukim di Jakarta, lumpuhnya ruas Tol Cawang-Tomang juga menyusahkan para turis yang hendak menuju atau pulang dari Bandara Internasional Soekarno Hatta.


Selain ruas Tol Cawang-Tomang yang merupakan jalur Tol Dalam Kota, sebenarnya turis juga bisa menjangkau Bandara Internasional Soekarno Hatta melalui ruas Tol Lingkar Luar/JORR melewati Tol Ir. Wiyoto Wiyono atau Tol Bintaro.


Bagi yang berangkat dari Bekasi, Jakarta Timur, Jakarta Pusat, atau Jakarta Utara, bisa menjangkau bandara melalui Tol Ir. Wiyoto Wiyono.

Sementara yang berangkat dari Tangerang, Jakarta Barat, atau Jakarta Selatan, bisa menjangkau bandara melalui Tol Bintaro.

Jika malas menyetir, turis bisa menumpang taksi konvensional atau taksi online. Namun tiket tol nantinya akan dibayar oleh penumpang, meski dibayarkan terlebih dahulu oleh sang supir dengan kartu uang elektroniknya.

Kalau enggan berkutat dengan uang tol atau kemacetan, turis bisa memilih Kereta Api Bandara, Bus Damri, atau mobil shuttle.

Kereta Api Bandara bisa ditumpangi dari stasiun Duri, Batu Ceper, dan BNI City. Perlu atur waktu jika ingin naik stasiun BNI City, karena pedemo bisa saja merangsek ke kawasan Sudirman-Thamrin sehingga memacetkan lalu lintas di sekitarnya.

Sementara untuk Bus Damri sebaiknya mengecek jadwalnya terlebih dahulu sehari sebelum keberangkatan terutama kalau bus melewati Tol Cawang-Tomang dan di sekitar Gedung MPR/DPR sedang terjadi demo.


Sedangkan mobil shuttle bisa ditumpangi sesuai area keberangkatan masing-masing perusahaannya. Kalau pilihannya naik XTrans, penumpang bisa naik dari area Bintaro, Tangerang, Serpong, atau Bandung.

Apapun moda transportasinya, sebaiknya sediakan waktu lebih awal untuk berangkat ke Bandara Internasional Soekarno Hatta jika demonstrasi sedang terjadi agar terhindar dari kemacetan. 

Ruang Tunggu

Setelah tiba di bandara, istirahat di ruang tunggu, lounge berbayar, atau hotel kapsul bisa jadi pilihannya. Lebih baik menunggu daripada tertinggal pesawat akibat terjebak dalam kemacetan demo.

Kedua, sebaiknya memiliki alternatif transportasi, sehingga tak terlanjur kecewa saat jalan tol ditutup.

Ketiga, kalau masih bisa mengubah jadwal penerbangan, tak ada salahnya memilih terbang dari Bandara Internasional Halim Perdanakusuma.

Berikut kontak penting terkait transportasi menuju Bandara Internasional Soekarno Hatta:

BUS DAMRI: situs damri.co.id

KERETA API BANDARA: situs railink.co.id

XTRANS: situs xtrans.co.id

BLUE BIRD: situs bluebirdgroup.com

EXPRESS GROUP: situs expressgroup.co.id

LALU LINTAS: twitter @TMCPoldaMetro

BANDARA INTERNASIONAL SOEKARNO HATTA: situs soekarnohatta-airport.co.id

BANDARA INTERNASIONAL HALIM PERDANAKUSUMA: situs halimperdanakusuma-airport.co.id

(ard/ard)