Bandara 'Bintang Laut' di China Siap Terima Jutaan Penumpang

CNN Indonesia | Rabu, 25/09/2019 18:16 WIB
Bandara 'Bintang Laut' di China Siap Terima Jutaan Penumpang Bandara Internasional Beijing Daxing. (Greg Baker / AFP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Bandara Internasional Beijing Daxing, bandara baru di Beijing yang disebut bakal menjadi bandara terbesar dan tersibuk di dunia, telah resmi dibuka oleh Presiden Xi Jinping pada hari Rabu (25/9).

Xi meresmikan Bandara Internasional Beijing Daxing dalam acara yang digelar di dalam ruangan terminalnya yang besar.

Upacara peresmian bandara berbentuk bintang laut ini dilakukan beberapa hari sebelum China mengadakan perayaan besar menandai 70 tahun pemerintahan Komunis.



Terletak 46 kilometer di selatan Lapangan Tiananmen, Bandara Internasional Beijing Daxing akan beroperasi pada kapasitas penuh pada tahun 2040, dengan delapan landasan pacu dan berpotensi menerima 100 juta penumpang per tahun.

Bandara dengan terminal tunggal ini dipandang sebagai perwujudan yang pas dari "impian Tiongkok" yang ditawarkan Xi untuk penduduknya.

Dengan luas 700 ribu meter persegi (173 hektare) - sekitar ukuran 100 lapangan sepakbola - bangunan bandara ini akan menjadi salah satu bandara terbesar di dunia.

Di bawah terminal ada stasiun kereta api dan jalur metro yang memungkinkan wisatawan mencapai pusat kota sekitar 20 menit.

Proyek pembangunan bandara ini menelan biaya 120 miliar yuan (US$ 17,5 miliar), atau US$400 miliar jika termasuk jalur kereta api dan jalanan.


Dikutip dari CNN Travel pada Senin (23/9), Hadid merancang rute keluar masuk area yang ringkas, sehingga penumpang hanya perlu menghabiskan waktu maksimal delapan menit dari gerbang pemeriksaan sampai ruang tunggu pesawat terjauh.

Tak hanya memiliki arsitektur nan indah, bandara ini juga disematkan dengan beragam teknologi canggih, salah satunya pengoperasian robot layanan penumpang.

Robot-robot tersebut akan memberikan informasi kepada penumpang terkait jadwal penerbangan dan informasi cuaca.

Bandara baru ini berharap bisa melayani penerbangan dari 112 negara di dunia hingga musim semi tahun 2020.

Namun Bandara Internasional Beijing Daxing bukan satu-satunya bandara yang ada di China.

Negara ini memiliki 11 bandara lain yang juga terbilang paling sibuk di dunia.

Pembangunan Bandara Internasional Beijing Daxing dikebut sejak tahun 2014 karena Beijing Capital International Airport (PEK) sudah mengalami kelebihan penumpang.

(ard/ard)