Mandi Malam Buat Kulit Lebih Sehat

Tim, CNN Indonesia | Rabu, 25/09/2019 19:29 WIB
Mandi Malam Buat Kulit Lebih Sehat Ilustrasi. Malam hari sebelum tidur adalah waktu terbaik untuk mandi karena mencegah terjadinya sejumlah masalah pada kulit. (Foto: Istockphoto/skynesher)
Jakarta, CNN Indonesia -- Mandi di pagi hari bermanfaat untuk 'membangunkan' tubuh, membuat badan segar dan siap menghadapi hari. Namun, ahli kulit menyebut, malam hari sebelum tidur ternyata adalah waktu terbaik untuk mandi bila Anda menginginkan kulit sehat, mengutip Metro UK.

Studi menunjukkan, kini banyak orang memilih untuk tidak mandi di malam hari karena lelah, mengantuk, dan malas usai beraktivitas. Sehingga, banyak yang memutuskan untuk mandi hanya sekali sehari, yaitu di pagi hari. Hasil ini didapat melalui survei YouGov dan Foreo di Inggris yang mendapati bahwa 61 persen orang lebih memilih untuk mandi di pagi hari saja.

Padahal, berdasarkan penelitian dari dermatolog, bila tujuannya untuk kesehatan kulit, waktu terbaik untuk mandi bukanlah di pagi hari, melainkan di malam hari sesaat sebelum tidur.



Mandi di malam hari sebelum tidur dapat membersihkan kulit dari kotoran yang menumpuk pada kulit setelah seharian beraktivitas. Terlebih bila aktivitas Anda berada di luar ruangan yang terpapar debu dan polusi. Debu dan polusi mengandung partikel racun dan kuman, bila dibiarkan menempel semalaman, maka mereka dapat meresap ke dalam pori-pori dan menimbulkan sejumlah masalah pada kulit.

Kuman yang masuk ke dalam pori-pori kulit dapat menyebabkan munculnya jerawat dan iritasi. Sedangkan partikel lain dalam debu dan polusi dapat membuat kulit terlihat kusam, menimbulkan bintik hitam, dan mempercepat penuaan kulit.


"Untuk merawat kulit, mandi di malam hari adalah pilihan terbaik, karena membantu menghilangkan semua make up, minyak, kotoran dan polutan yang menumpuk sepanjang hari. Lalu, mengapa Anda tetap tidur dengan kotoran di tubuh Anda?" imbuh CEO Foreo Boris Raspudic saat memaparkan temuannya.

[Gambas:Video CNN] (ptj/ayk)