Skincare Rutin Pagi dan Malam untuk Kulit Berminyak

CNN Indonesia | Sabtu, 12/10/2019 05:10 WIB
Skincare Rutin Pagi dan Malam untuk Kulit Berminyak Ilustrasi. Sebum yang diproduksi wajah dapat menghasilkan minyak dan menyebabkan kulit terlihat mengkilap. (Istockphoto/Metamorworks)
Jakarta, CNN Indonesia -- Memiliki kulit berminyak tentu bukan hal yang menyenangkan. Kulit yang tampak mengkilap dan lengket akan membuat aktivitas harian terasa tak nyaman. Belum lagi jerawat yang terus bermunculan.

Ahli dermatologi, Paul Ellis mengatakan, beberapa orang memiliki jenis kulit yang bersifat genetik. "Beberapa kulit memiliki kecenderungan untuk secara alami lebih berminyak, sementara yang lain cenderung kering," ujarnya, mengutip Women's Health Magazine.

Sebum yang diproduksi wajah dapat menghasilkan minyak dan menyebabkan kulit terlihat mengkilap. Belum lagi paparan sinar ultraviolet, polusi udara, dan penggunaan kosmetik tertentu yang turut berkontribusi memperburuk kondisi kulit.


Kebiasaan menggosok wajah berlebih, kualitas tidur yang buruk, dan aspek-aspek tertentu dari diet juga menyebabkan kulit berminyak.

Langkah pertama yang mesti dilakukan untuk mengurangi kulit berminyak adalah mengatasi stres. Stres menyebabkan hormon menjadi tidak seimbang dan memengaruhi kesehatan kulit. Temukan waktu untuk bersantai, berolahraga, dan bermeditasi untuk menghalau stres.

Selain itu, perhatikan pula asupan harian Anda. Ahli dermatologi David Jack menyarankan untuk mengonsumsi makanan yang kaya akan kandungan antioksidan. "Konsumsi makanan berbasis hewani juga telah terbukti mengurangi produksi sebum," katanya.

Setelah kedua hal itu dilakukan, waktunya bagi Anda untuk memulai rutinitas perawatan kulit pada pagi dan sore hari.

Pagi Hari
Perawatan kulit yang tepat akan selalu dimulai dengan membersihkan wajah. Setelah kulit wajah dirasa bersih, Anda bisa mengaplikasikan pelembap.

#1 Untuk membersihkan, gunakan pembersih wajah yang lembut. Gunakan pula air hangat untuk membuka pori-pori.
#2 Berikan sedikit percikan air dingin untuk menutupi pori-pori.
#3 Gunakan serum berbasis asam hialuronat. Senyawa ini dipercaya dapat menghidrasi kulit dari dalam dan mendorong regenerasi sel kulit mati.
#4 Gunakan pelembap ringan untuk meminimalkan kemunculan pori-pori.

Malam Hari
Perawatan kulit pada malam hari berperan penting untuk membuat kulit tetap sehat. Malam hari adalah waktu di mana sel-sel kulit memperbaharui diri.

Anda disarankan untuk menggunakan produk berbahan utama seperti retinol dan yang mengandung senyawa bersifat anti-inflamasi.

Membersihkan wajah sebelum tidur juga penting untuk menjaga kulit tetap sehat.

#1 Sebagai langkah pertama, bersihkan wajah Anda. Gunakan air hangat untuk membuka pori-pori.
#2 Berikan percikan air dingin pada kulit untuk menutup pori-pori.

Setelah mencuci, Anda disarankan untuk menepuk kulit wajah dan membiarkannya sedikit basah hingga kering secara alami.

"Waspada pada kebiasaan menggosok kulit wajah terlalu kencang karena dapat mendorong produksi minyak," kata Jack.

#3 Gunakan krim malam berbahan retinol untuk mendorong regenerasi sel kulit mati. Selain itu, retinol juga dapat membatasi produksi sebum sebagai 'biang kerok' kulit berminyak.

[Gambas:Video CNN] (asr/asr)