Cara Merawat Kulit dari Dalam Agar Awet Muda

Tim, CNN Indonesia | Senin, 07/10/2019 10:02 WIB
Cara Merawat Kulit dari Dalam Agar Awet Muda Ilustrasi. Bila produk perawatan kulit tak mampu membuat kulit bebas dari masalah, tandanya kulit butuh perawatan ekstra dari dalam. (Foto: Istockphoto/Wavebreakmedia)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kulit yang sehat umumnya memiliki tekstur yang kenyal, terlihat cerah dan berkilau, serta minim iritasi. Merawat kulit agar senantiasa sehat menjadi kian mudah karena sejumlah produk perawatan wajah kini telah disesuaikan dengan beragam jenis kulit.

Namun, produk perawatan kulit nyatanya tak selalu menjamin kulit bebas dari masalah, seperti kulit kusam, warna kulit tak merata, hingga jerawat yang tak kunjung hilang, yang akhirnya membuat kulit tampak tua. Bila ini yang sedang Anda alami, tandanya kulit juga butuh nutrisi dari dalam.

Berikut sejumlah cara merawat kulit dari dalam.



1. Olahraga

Tak hanya baik bagi kesehatan jantung dan paru-paru, olahraga juga sangat baik untuk kesehatan kulit.

"Aktivitas fisik yang meningkatkan sirkulasi darah dapat membantu menjaga kulit Anda sehat," kata ahli kulit Ellen Marmur, MD mengutip WebMD. Lanjut Marmur, darah akan membawa oksigen dan nutrisi menuju sel-sel yang bekerja di seluruh tubuh, termasuk kulit. Selain itu, olahraga juga dapat mengurangi kadar stres. Hormon stres sendiri menjadi salah satu pemicu meningkatnya produksi minyak pada kulit yang berpotensi sebabkan jerawat.

Hal ini juga diamini oleh beauty & fashion enthusiast Tantri Namirah. "Olahraga dapat membantu menyehatkan kulit dari dalam," kata Tantri saat ditemui CNNIndonesia.com di kawasan Jakarta Selatan beberapa waktu lalu.

2. Konsumsi sayur dan buah

Makan buah dan sayur dapat menjadi cara paling mudah untuk merawat kesehatan kulit dari dalam tubuh. Dilansir dari Healthline, beberapa makanan seperti alpukat, brokoli, dan ubi jalar dapat membantu kulit terlihat lebih bercahaya bila dikonsumsi setiap hari.

3. Konsumsi air putih

Kulit adalah bagian dari organ tubuh yang terdiri dari sel. Tanpa air, organ-organ tidak akan berfungsi dengan baik termasuk kulit, mengutip UW Health.

Kekurangan cairan akan menyebabkan dehidrasi sel yang membuat kulit menjadi kering, bersisik dan muda iritasi. Bila kondisi ini dibiarkan terlalu lama, maka kerutan pada kulit dapat segera muncul.

"Aku biasanya konsumsi banyak air putih, minimal 8 gelas sehari dan itu efeknya terasa banget untuk kulit," kata Tantri.


4. Minum vitamin

Sejumlah vitamin yang berkontribusi besar untuk menjaga elastisitas kulit ialah vitamin D, vitamin C, vitamin E, dan vitamin K. Mengonsumsi cukup vitamin membuat kulit menjadi elastis dan awet muda. Vitamin juga bisa mengurangi beberapa masalah di kulit seperti bintik-bintik gelap, kemerahan, keriput, dan kulit kering. Vitamin tersebut banyak terkandung dalam buah-buahan berwarna cerah, termasuk sayur-sayuran berdaun hijau. Untuk kulit yang benar-benar bermasalah, Anda bisa berkonsultasi ke dokter untuk mendapatkan suplemen vitamin yang sesuai. 

"Untuk perawatan kulit dari dalam, aku juga wajib minum vitamin untuk menjaga kesehatan kulit," kata Archangela Chelsea, Makeup Artist internasional saat ditemui CNNIndonesia.com beberapa waktu lalu. (dir/ayk)


BACA JUGA