Gaya Sarung 'Fashionable' Taeyong NCT 127 yang Bikin Gempar

tim, CNN Indonesia | Kamis, 26/09/2019 17:34 WIB
Gaya Sarung 'Fashionable' Taeyong NCT 127 yang Bikin Gempar NCT 127 (dok. SM Entertainment)
Jakarta, CNN Indonesia -- Boyband Korea NCT 127 sudah kembali ke negara asalnya Korea Selatan setelah sukses membuat wanita Indonesia histeris di acara Indonesian Television Awards 2019.

Boyband beranggotakan delapan orang ini juga menerima special award. Sebagai salah satu pengisi acara ajang tersebut, NCT 127 menggunakan kostum berupa kemeja hitam yang dipadukan dengan jas berwarna ungu wine dan juga cokelat. Sedangkan untuk bawahannya, mereka menggunakan celana panjang hitam.

Beda kostum panggung maka beda pula busana harian dan airport style mereka. Sesampainya di Seoul, member NCT terlihat memilih busana yang santai untuk perjalanan panjang mereka.


Lengkap dengan kacamata dan maskernya, seperti idol Korea Selatan lainnya. Namun salah satu personelnya, Taeyong, punya gaya yang berbeda. Dia memakai sarung khas Indonesia.



Saat tiba di Bandara Incheon, Korea, Taeyong NCT 127 memakai kaos hitam, celana panjang hitam ripped, dengan belt cokelat serta messenger bag kecil. Topi hitam dan kacamata bingkai putih jadi aksesorinya. Namun di sisi bahu kirinya, tersampir manis sarung tenun ikat berwarna keunguan.

Dia memang tak memakai sarung ini seperti layaknya orang Indonesia memakai sarung, melainkan dengan menyampirkan di bajunya dan 'menguncinya' dengan tali tasnya.

Hanya saja tak diketahui darimana Taeyong mendapatkan sarung tersebut dan dari daerah mana sarung itu berasal.

Pasalnya Indonesia memiliki banyak sekali motif dan daerah penghasil sarung. produksi kain berbeda-beda di setiap daerah karena tergantung asimilasi budaya atau akulturasi daerah masing-masing. Misalnya pengaruh China di Palembang mempengaruhi hasil kain tenun songket di daerah tersebut.

Kain sarung identik dengan masyarakat Indonesia dengan masing-masing daerah yang memiliki kekhasan tersendiri. Sumatera Utara misalnya ada kain sarung bermotif ulos. Jawa Tengah, Sulawesi Selatan hingga Kalimantan Timur punya sarung yang coraknya beda, dan kegunaannya pun tak sama. 

Meski berbeda-beda coraknya, sarung praktis digunakan karena berupa kain panjang yang menyatu di kedua sisinya.

Sarung sendiri juga sudah menjadi bagian dari keseharian orang Indonesia. Biasanya kain yang dijahit kedua sisinya dan membentuk tabung ini dipakai untuk menutup tubuh bagian bawah, sarung bisa dibilang multi-fungsi, dari pakaian sehari-hari mengusir dingin, untuk ibadah salat, hingga upacara adat yang dikenal sakral.

Melihat Taeyong NCT 127 memakai sarung sebagai aksesori, warganet pun gempar. Mereka pun melontarkan pujian untuk Taeyong karena rasa bangga lantaran kain Indonesia dipakai idola mereka.


"Kalau Taeyong yang nyelempangin sarung di bahu gitu jadi keliatan fashionable," tulis akun twitter @JDaestination.

"Sarung dipake Taeyong kayak bukan sarung ya jadi kelihatan mahal gitu wkwkwkw," ungkap akun @realfictory.

"Inget dulu tuh sendal jepit viral pisan pas dipake Sehun sampe harganya naik jadi ratusan ribu," tulis @smstan_tuwir.



Tak cuma memakai sarung, kesempatan berada di Indonesia juga dimanfaatkan oleh member NCT 127 untuk belajar budaya Indonesia.

Dalam akun instagram mereka, mereka mengaku belajar tarian tradisional dan mencoba baju tradisional Indonesia.

(chs)