Agar Terhindar 'Jebakan' Promo Hotel dan Tiket Murah

CNN Indonesia | Kamis, 26/09/2019 15:08 WIB
Agar Terhindar 'Jebakan' Promo Hotel dan Tiket Murah Ilustrasi. (CNN Indonesia/Hesti Rika)
Jakarta, CNN Indonesia -- Promo hotel dan tiket murah selalu dinantikan oleh turis. Miringnya harga yang ditawarkan kadang tak sebanding dengan isi dompet dan sisa cuti.

Tengah tahun dan akhir tahun biasanya menjadi masa sibuk promo hotel dan tiket murah. Sebelum tagihan kartu kredit membengkak atau terlanjur menghabiskan jatah libur dalam penyesalan, berikut sejumlah hal yang perlu diperhatikan saat berburu hotel dan tiket murah:


1. Masa berlaku


Hotel atau tiket perjalanan yang dibeli saat masa promo biasanya memiliki masa berlaku terbatas, misalnya; hotel atau tiket hanya bisa digunakan sebulan setelah dibeli atau hanya bisa digunakan saat hari kerja.

Sebelum membayar hotel atau tiket yang diinginkan, pastikan untuk mengecek masa berlaku yang ditetapkan.

Perlu diketahui kalau harga hotel atau tiket perjalanan biasanya memang dibanderol murah selama low season atau shoulder season.

Jadi kalau tak punya dana untuk berburu tiket saat promo, tenang saja karena harga di dua masa itu memang murah.

Low season biasanya berlangsung selama suatu destinasi sedang mengalami musim hujan atau badai, sementara shoulder season merupakan musim peralihan - bisa di akhir musim dingin atau di ujung musim panas.

Jika tak peduli kehujanan atau kedinginan, langsung sikat saja promo hotel atau tiket yang ditawarkan. Sebagai nilai plus, berwisata di masa ini juga lebih sepi dari kerumunan turis.

Sebaiknya pelajari musim yang sedang berlangsung di destinasi tujuan, sehingga tak membeli kucing dalam karung saat berburu hotel atau tiket kala promo.

2. Daftar jadi member

Promo akomodasi dan tiket wisata biasanya diselenggarakan oleh bank, agen perjalanan, atau maskapai. Potongan harga bakal diberikan di sama ini, tapi diskon yang lebih besar bisa dinikmati hanya untuk pelanggan atau member-nya.

Tak ada salahnya mendaftar menjadi member demi keuntungan ini. Siapkan alamat email khusus atau nomor telepon kedua untuk menerima promosi mereka, sehingga kontak utama untuk keluarga atau pekerjaan tak terganggu spam.


3. Cermat

Jangan keburu tergiur dengan diskon yang ditawarkan. Kembali ke poin 1, setelah itu bandingkan potongan harga dengan harga di luar promo.

Kalau totalnya tak berbeda jauh, rasanya tak perlu konsumtif, apalagi jika harus mengorbankan limit kartu kredit atau jatah cuti yang tersisa.

Perhatikan juga aturan yang berlaku untuk produk yang dibeli. Jika butuh hotel dengan balkon dan sarapan, baca dengan cermat fasilitas dan layanan yang diberikan dalam harga promo. 

4. Berburu di Instagram

Selain festival promo hotel dan tiket murah yang berlangsung di mall atau web, sebenarnya promo murah juga bisa "diburu" melalui akun-akun Instagram.

Ikuti akun travel blogger terpercaya untuk mengetahui keberadaan akun-akun Instagram yang sedang mengadakan promo.

Baca komentar pelanggan mereka. Kalau sudah yakin bukan penipuan, silakan tunaikan pembayaran.

(ard/ard)