Orang Tua Baru Hanya Tidur Selama 5 Jam Setiap Malam

Tim, CNN Indonesia | Jumat, 27/09/2019 20:37 WIB
Orang Tua Baru Hanya Tidur Selama 5 Jam Setiap Malam Ilustrasi. Rata-rata orang tua baru hanya tidur selama 5 jam setiap malam. (bryandilts/Pixabay)
Jakarta, CNN Indonesia -- Menjadi seorang ayah dan ibu baru bukan perkara mudah. Bayi yang kerap terbangun di malam hari rata-rata membuat banyak orang tua baru memiliki kualitas tidur yang buruk.

Survei teranyar yang dilakukan oleh Sleep Junkie--situs yang fokus pada kebiasaan tidur dan kesehatan--menemukan bahwa mayoritas orang tua baru hanya tidur selama 5-6 jam setiap malam. Rata-rata dari mereka harus kehilangan waktu tidur selama 109 menit.

Menukil situs resminya, hal itu terjadi selama tahun pertama setelah kelahiran si buah hati. Rata-rata orang tua yang disurvei memiliki bayi yang masih berusia kurang dari 18 bulan.


Sebelum memiliki bayi, sebanyak 68 persen orang tua mendapatkan waktu tidur lebih dari 7 jam setiap malam. Kondisi itu sontak berubah saat mereka telah memiliki bayi. Hanya 10 persen orang tua yang masih mendapatkan waktu tidur yang sama.

Survei yang dilakukan terhadap 1.000 orang tua baru di Inggris dan Amerika Serikat ini juga menemukan, hanya 5 persen dari keseluruhan hari atau sekitar 4 jam yang mereka habiskan untuk diri sendiri. Waktu selama 4 jam itu mereka habiskan untuk bersosialisasi, merawat diri, dan menikmati waktu luang.

Selebihnya, orang tua menghabiskan waktu selama hampir 5 jam untuk membuat sang bayi tertidur dengan berbagai cara. Berikut waktu yang dihabiskan bersama dengan cara orang tua membuat bayi terlelap.

- 41 menit berkendara mengajak bayi keliling kota
- 1 jam 21 menit berjalan kaki sambil membawa bayi
- 1 jam 46 menit menyusui bayi
- 34 menit membacakan cerita untuk bayi

Mengutip Healthline, ahli kesehatan yang fokus pada kebiasaan tidur, Hayley Bolton mengatakan bahwa hal tersebut hanya lah satu fase dari proses menjadi orang tua. "Baik atau buruk [fase yang dilalui], fase itu akan berlalu pada waktu yang tepat," ujarnya.

Bolton memberikan beberapa kiat yang bisa orang tua baru lakukan untuk membuat malam hari menjadi lebih tenang.

Saat bayi mulai mengantuk, orang tua disarankan untuk meletakkan si buah hati dalam posisi tertidur meski mereka masih tetap terjaga.

Selain itu, orang tua juga disarankan untuk membiarkan ruang berada dalam kondisi gelap, berbicara dengan suara pelan, dan menghindari kontak mata dengan bayi saat memasuki waktu tidur.

[Gambas:Video CNN] (asr/asr)