15 Cara Mudah Membuat Mata Bersih dan Bebas Iritasi

Tim, CNN Indonesia | Jumat, 15/11/2019 08:47 WIB
15 Cara Mudah Membuat Mata Bersih dan Bebas Iritasi Ilustrasi. Polusi udara yang kian pekat hingga teriknya matahari bisa membuat mata lebih rentan iritasi. (Foto: freemagebank)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kecantikan wajah juga ditentukan oleh kesehatan mata. Sentuhan make up yang bagus sekalipun, akan tampak kurang sempurna bila ada masalah pada mata, seperti mata merah, kering dan gatal, atau mata berair akibat iritasi.

Udara yang kering, polusi udara, asap, debu, angin, atau bahkan aktivitas tertentu seperti menangis atau berenang bisa menjadi penyebab timbulnya persoalan pada mata.

Bila persoalan pada mata kerap dialami, berikut 13 cara mudah untuk menjaga mata agar terlihat sehat, dikutip dari Healthline.



1. Teh hijau

Meletakkan kantong teh hijau bekas pakai di kelopak mata bisa meredakan mata bengkak dan iritasi. Menurut penelitian, teh hijau memiliki efek antiinflamasi dan antioksidan pada sel-sel kornea. Sebelum digunakan, ada baiknya kantong teh basah dimasukkan terlebih dahulu ke kulkas selama 15 menit. Setelah terasa dingin, letakkan kantong teh di kelopak mata selama 10 menit.

2. Kacamata berkendara

Polusi atau asap yang terbawa oleh angin dapat menyebabkan mata kering dan terasa perih. Untuk itu, gunakan kacamata atau helm dengan pelindung mata bila berpergian dengan sepeda atau motor. Sediakan pula obat tetes mata untuk membantu melembabkan dan membersihkan mata usai beraktivitas di area yang banyak asap dan polusi.

3. Asam lemak omega

Suplemen asam lemak omega-3 dan omega-6 efektif untuk mengobati mata kering dari dalam tubuh. Anda juga dianjurkan untuk mengonsumsi ikan salmon, ikan kembung, ikan sarden, kacang kenari, dan biji-bijian untuk membuat mata senantiasa mendapatkan nutrisi.

4. Air mawar

Air mawar diketahui memiliki efek anti-inflamasi dan anti-infeksi yang dapat digunakan sebagai pembersih mata. Anda bisa mengoleskan kapas yang dibasahi air mawar di sekitar mata lalu kompres selama beberapa menit. Air mawar yang dingin efektif mengurangi pembengkakan di mata, termasuk mengurangi mata merah secara alami.

5. Timun

Kandungan antioksidan dan anti-inflamasi serta vitamin C pada mentimun dapat menenangkan kulit di area mata serta mendinginkan mata yang lelah. Gunakan dua potong irisan mentimun untuk ditempelkan pada setiap kelopak mata Anda selama 15 menit. Ini akan membuat mata Anda lebih segar, sehingga potensi terbentuknya lingkaran hitam di bawah mata menjadi berkurang.

6. Pijat lembut

Pijatan lembut pada area pelipis dapat melancarkan sirkulasi darah di area mata. Sirkulasi darah yang lancar dapat mencegah timbulnya lingkaran hitam pada mata, termasuk meredakan peradangan pada mata yang memerah.

7. Cukup tidur

Selain melihat layar dalam waktu lama, kurang tidur juga dapat menyebabkan mata lelah. Usahakan untuk tidur minimal 7 jam untuk mendapatkan mata yang senantiasa prima. Selain itu, jauhkan perangkat ponsel saat hendak tidur. Paparan cahaya pada perangkat elektronik juga dapat mempengaruhi kesehatan mata.

8. Lindungi dari UV

Sinar UV matahari dapat membuat mata menjadi kering. Maka, lindungi mata Anda dengan mengenakan kacamata hitam dengan perlindungan UV guna mengurangi risiko iritasi kelopak mata akibat 'terbakar' sinar terik matahari.

9. Cukup Minum

Air sangat penting untuk mendehidrasi tubuh termasuk mata. Minumlah air sebanyak 8 gelas setiap hari untuk menjaga kelembaban mata.

10. Istirahat mata

Mata Anda perlu istirahat setelah lelah menatap layar komputer berjam-jam. Istirahatlah setiap 20 menit dengan cara menutup mata selama satu menit. Terlalu fokus pada satu area visual dapat menyebabkan mata Anda menjadi kering, lelah dan iritasi.

11. Sedia tetes mata

Ada beberapa penyebab mata kering, salah satunya penggunaan lensa kontak. Bila Anda adalah orang yang tak bisa lepas dari lensa kontak, menyediakan tetes mata khusus lensa kontak adalah hal yang 'wajib' untuk menghindari risiko mata kering, gatal, bahkan iritasi akibat lensa kontak.

12. Kurangi makanan asin

Konsumsi garam berlebihan bisa menyebabkan tubuh menahan air dan menyebabkan mata bengkak. Mulailah untuk membatasi asupan natrium dengan cara menghindari makanan bergaram tinggi, seperti makanan olahan dan makanan cepat saji.

13. Kompres dingin

Saat mata Anda bengkak atau lelah, gunakan kain yang direndam dalam air dingin dan tempelkan pada mata selama 10 menit sebelum tidur. Hal ini dapat menenangkan mata dan meredakan peradangan.

14. Bantal tebal

Jika Anda ingin menghindari mata bengkak saat bangun tidur, cobalah tidur dengan posisi kepala sedikit terangkat. Bisa dengan menggunakan bantal tebal yang nyaman. Cara ini dapat mencegah cairan menumpuk di bawah mata.


15. Hati yang damai

Mata adalah jendela hati. Itu sebabnya, suasana hati yang damai bisa membuat mata terlihat lebih berbinar. Untuk mendapatkan hati yang damai, Anda bisa melakukan yoga meditasi, yaitu memfokuskan diri pada pikiran-pikiran positif untuk hidup yang lebih optimis. (dir/ayk)


BACA JUGA