FOTO: Menyusuri 'Tanah Suci' di Negeri Ateis Korea Utara

AFP, CNN Indonesia | Sabtu, 28/09/2019 20:13 WIB

, CNN Indonesia -- Negeri Ateis Korea Utara ternyata punya 'tanah suci' di Gunung Paektu yang dikunjungi ratusan ribu orang setiap tahunnya.

Korea Utara punya tanah suci, Gunung Paektu. Tempat ini merupakan tempat kelahiran dari para pemimpin Korut. Setiap tahun, ratusan ribu pelajar Korut mesti melakukan kunjungan ke gunung ini selama empat minggu, berziarah dan melakukan kerja sukarela. (Ed JONES / AFP)
Kabin inilah yang menjadi replika lokasi kelahiran pemimpin Korut Kim Jong Il. Kabin ini disebut sebagai
Tempat ini disebut Kemah Rahasia karena Kim Il Sung tak berhasil ditemukan kolonial Jepang ketika ia bersembunyi selama 9 tahun di tempat tersebut. Saat ini, kabin itu dihiasi mural Kim Il Sung tengah memegang anaknya Kim Jong Il bersama istrinya Kim Jong Suk (Ed JONES / AFP)
Gunung ini ramai dikunjungi warga Korut setiap tahun sebagai perjalanan spiritual karena mereka telah terlatih sedari kecil untuk menghormati pemimpin negara (Ed JONES / AFP)
Untuk berkunjung ke Kemah Rahasia dan puncak gunung Paektu, para pengunjung biasanya menaiki kereta api yang digerakkan oleh kabel (Ed JONES / AFP)
Terdapat lokasi untuk melihat pemandangan Gunung Paektu. Dalam mitos Korut, mereka adalah keturunan Raja Tangun yang lahir di Gunung Paektu. Raja Tangun adalah dewa yang datang ke bumi dari surga dan seekor beruang berubah menjadi wanita. (Ed JONES / AFP)
Kelahiran Kim Jong Il di gunung yang sama memperkuat konsep ia itu merupakan keturunan Paektu. Konsep ini dilanjutkan kepada putranya sekaligus penggantinya, Kim Jong Un (Ed JONES / AFP).
Kini patung dari dua pemimpin Korea sebelumnya, Kim Il Sung dan Kim Jong Il berdiri di Pyongyang, Korut, dengan latar Gunung Paektu.(Ed JONES / AFP)