5 Inspirasi Gaya Konde 'Kekinian' yang Tetap Elegan

Tim, CNN Indonesia | Selasa, 01/10/2019 15:23 WIB
5 Inspirasi Gaya Konde 'Kekinian' yang Tetap Elegan Ilustrasi sanggul kekinian. (Foto: Istockphoto/ SbytovaMN)
Jakarta, CNN Indonesia -- Gaya rambut sanggul kini diandalkan dalam beragam acara, seperti acara pelantikan Anggota DPR RI hasil Pemilu 2019 yang dilakukan di Gedung MPR/DPR, Jakarta, Selasa (1/10). Sejak pagi, satu persatu anggota legislatif berduyun-duyun memasuki gedung yang sudah berdiri sejak 1965 itu. Menariknya, sejumlah anggota legislatif wanita tampil elegan dengan rambut disanggul dan berkebaya.

Bagi perempuan Indonesia, sanggul memang erat kaitannya dengan budaya. Sejak zaman Kartini hingga kini, tatanan rambut ini mampu menonjolkan keanggunan perempuan Indonesia, terlebih bila dipadukan dengan kebaya. Walau begitu, sanggul tak melulu harus dibentuk dengan konde palsu yang diletakkan di atas rambut sasak tinggi. Kini, sanggul tampil lebih modern.

Berikut beberapa gaya sanggul yang kekinian namun tatap elegan.




Sleek bun (sanggul rapi)

5 Insiprasi Gaya 'Konde' Kekinian yang Tetap EleganFoto: Istockphoto/Alter_photo


Sleek yang berarti sutra, gaya sanggul ini ditandai dengan rambut yang lurus dan rapi di semua sisi. Sehingga gaya ini sangat cocok untuk beragam acara formal seperti perjamuan atau pelantikan. Untuk mendapatkan rambut sehalus sutra, langkah pertama dari proses sanggul ini ialah meluruskan rambut dengan menggunakan catok. Lalu, sanggul dapat dibentuk di bagian atas kepala (high bun) untuk mendapatkan kesan berkelas.

Twist bun (sanggul kelopak)

5 Insiprasi Gaya 'Konde' Kekinian yang Tetap EleganFoto: Istockphoto/ Alter_photo


Sanggul kelopak yang dibentuk di sekitar tengkuk leher (low bun) akan memberikan kesan bersahaja namun tetap elegan. Agar hasil sanggul rendah terlihat cantik, gaya twisted bun bisa dipilih karena membuat cepolan rambut seperti sebuah kelopak bunga. Untuk mendapatkan pola kelopak bunga yang sempurna dan tak mudah terlepas, Anda memang perlu meminta bantuan penata rambut. Namun, penataan rambut ini juga dapat dilakukan sendiri di rumah. Caranya, belah dua rambut bagian belakang, lalu ikat seperti sedang mengikat pita. Tata rambut dengan pola melingkar, gunakan banyak penjepit rambut ukuran kecil untuk menguatkannya.

Messy bun (sanggul kasual)

5 Insiprasi Gaya 'Konde' Kekinian yang Tetap EleganFoto: Istockphoto/ LiudmylaSupynska


Gaya sanggul messy memungkinkan Anda untuk berkonde namun tetap menonjolkan sisi kasual dan dinamis. Messy yang artinya berantakan adalah teknik menyanggul rambut yang sebenarnya tidak memiliki pola, namun kian diandalkan sebagai gaya sanggul kekinian oleh generasi muda. Hanya saja, untuk mendapatkan messy bun yang elegan, Anda perlu meminta bantuan profesional karena cukup sulit untuk melakukannya sendiri di rumah.

Braided bun (sanggul kepang)

5 Insiprasi Gaya 'Konde' Kekinian yang Tetap EleganFoto: Istockphoto/ Sutichak


Braided atau kepang merupakan tata rambut yang sangat populer di Indonesia sejak era 70-an. Kepang rambut yang kini dianggap ketinggalan jaman nyatanya bisa terlihat penuh gaya bila dipadukan dengan teknik sanggul. Tak ada patokan bentuk sanggul kepang, sehingga Anda bisa menatanya sesuai dengan selera. Untuk menata sanggul kepang, langkah pertama ialah menentukan area rambut mana yang akan dikepang, umumnya rambut bagian samping. Setelah itu, barulah rambut dicepol sesuai dengan panjang atau pendeknya rambut.


Short hair bun (sanggul untuk rambut pendek)

5 Insiprasi Gaya 'Konde' Kekinian yang Tetap EleganFoto: Istockphoto/ SbytovaMN


Sanggul tak hanya diperuntukkan untuk mereka yang berambut panjang. Bagi Anda yang memiliki rambut sebahu, sanggul rendah bisa menjadi pilihan. Agar hasil sanggul terlihat penuh, kiatnya adalah dengan menyasak rambut terlebih dahulu sebelum ditata. Lalu tambahkan aksesori rambut berbentuk bunga agar sanggul rendah terlihat lebih manis nan elegan.

(ayk/ayk)


ARTIKEL TERKAIT