FOTO: Monumen yang Hilang dari Sejarah

CNN Indonesia & AFP PHOTO, CNN Indonesia | Rabu, 02/10/2019 14:26 WIB

Jakarta, CNN Indonesia -- Ada banyak bangunan bersejarah di dunia yang hilang akibat perang sampai pencurian oleh kelompok teror seperti ISIS dan Taliban.

Masjid Agung Samarra di Samarra, Irak. Pada 2005 puncak menara rusak karena gerilyawan meledakkan bagian atas menara setinggi 52 meter (171 kaki), yang sebelumnya telah digunakan oleh tentara AS sebagai posisi pengintai, meskipun pasukan AS telah keluar dari lokasi sebulan sebelumnya. (AFP/Mahmud Saleh)
Teater Romawi di Bosra, Dar'a, selatan Suriah. Situs ini telah rusak dalam Perang Saudara Suriah akibat berbagai kegiatan militer yang dilakukan di dekatnya. Penembak jitu terlihat aktif di dalam situs. (AFP/Maher Al Mounes)
Masjid Ummayad di Damaskus, Irak. Salah satu masjid terbesar dan tertua di dunia ini hancur  dalam Perang Saudara Suriah. (AFP/ Louai Beshara)
Patung Buddha Berdiri di Bamiyan, Afghanistan. Patung Buddha tertinggi di dunia ini dihancurkan oleh kelompok pemberontak Taliban yang merasa patung ini sebagai penyembahan berhala. (AFP/Jean Cluade-Chapon)
Roda irigasi air atau norias di Sungai Orontes, Hama, Suriah. Puluhan sistem irigasi kuno di Hama hancur dan tak lagi berfungsi karena aliran air di sana ditutup oleh kelompok pro-oposisi saat Perang Saudara Suriah. (AFP/Joseph Ied)
Museum Seni Islam Kairo di Kairo, Mesir. Museum sejarah Islam paling lengkap dan penting di dunia ini hancur akibar serangan bom mobil dan kebakaran yang dilakukan oleh kelompok teroris. (AFP/Khaled Desouki)
Jembatan Deir ez-Zor di Aleppo, Suriah. Jembatan indah yang mengalir di atas Sungai Euphrates ini dikuasai lalu dihancurkan oleh ISIS. (Istockphoto/JordiStock)
Kota Kuno Palmyra di Suriah. Komplek ini menjadi saksi bisu kehidupan manusia di abad 1 dan 2. Arsitektur Roma-Persia ini dihancurkan ISIS yang menganggap bangunan ini sebagai tempat pemujaan. (Istockphoto/seb007)