FOTO: Ramai-ramai Peringati Hari Batik Nasional

CNN Indonesia & Antara, CNN Indonesia | Rabu, 02/10/2019 19:59 WIB

Jakarta, CNN Indonesia -- Hari Batik Nasional diperingati pada 2 Oktober setiap tahunnya. Momen ini menandai diakuinya batik Indonesia sebagai Warisan Budaya Takbenda oleh UNESCO.

Sejumlah siswa SD belajar membatik di Kampung Batik Neglasari, Cibuluh, Kota Bogor, Jawa Barat, Rabu (2/10/2019). Mereka memperingati Hari Batik Nasional yang jatuh pada setiap 2 Oktober saban tahunnya. (ANTARA FOTO/Arif Firmansyah/hp)
Hari Batik Nasional menandai diakuinya batik Indonesia sebagai Warisan Budaya Takbenda oleh Badan PBB untuk Pendidikan, Keilmuan, dan Kebudayaan alias UNESCO pada 2009 lalu. (ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah/hp)
Teknik, simbol, dan budaya batik dinilai begitu melekat dengan jalan panjang kebudayaan Indonesia. (ANTARA FOTO/Prasetia Fauzani/pd)
Setiap tahunnya, momen ini diperingati oleh masyarakat. Mulai dengan cara menggelar kelas batik bersama atau sekadar mengenakan busana batik untuk pergi bekerja. (ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha/hp)
Berbagai peringatan dilakukan untuk meningkatkan apresiasi masyarakat terhadap batik tradisional sebagai warisan budaya Indonesia. (ANTARA FOTO/Prasetia Fauzani/pd)
Tradisi batik di Nusantara sendiri diyakini dimulai sejak masa Kerajaan Majapahit. Beberapa catatan juga menyebut, perkembangan tradisi batik meluas seiring dengan penyebaran ajaran Islam di Pulau Jawa. (CNN Indonesia/Daniela Dinda)
Mulanya dikenal sebagai pakaian 'ningrat', kini batik digunakan oleh berbagai kalangan tanpa mengenal kelas sosial. (CNN Indonesia/Daniela Dinda)
Tak hanya itu, batik juga tak lagi terkesan kaku. Berkat tangan kreatif deretan desainer Indonesia, batik menjelma busana kekinian yang membuatnya kian digemari anak muda. (ANTARA FOTO/Maulana Surya/hp)