6 Cara Maksimalkan Manfaat Sheet Mask

tim, CNN Indonesia | Kamis, 17/10/2019 20:45 WIB
6 Cara Maksimalkan Manfaat Sheet Mask Ilustrasi. Jangan terburu-buru terpancing dengan hasil instan yang didapatkan dari sheet mask. (Foto: Istockphoto/Evgeniy Skripnichenko)
Jakarta, CNN Indonesia -- Selama beberapa tahun terakhir, sheet mask cukup digandrungi baik oleh wanita atau pria. Masker berbentuk lembaran ini masuk dalam ritual perawatan wajah ala Korea. Wajar saja jika aneka produk perawatan wajah asal negeri ginseng ini merilis sheet mask seperti label Nature Republic, Mediheal, Dr.Jart+, Benton, Sulwhasoo dan A'Pieu.

Sheet mask biasanya berbentuk lingkaran dari lembaran fiber dan basah. Penggunaannya pun hanya 10-15 menit. Saat dilepas, umumnya, banyak orang merasa kulitnya sudah berubah jadi lebih halus dan lembut.

Namun, jangan buru-buru terpancing dengan hasil instan ini. Ada beberapa cara untuk bisa memaksimalkan manfaat si lembaran masker ini. Berikut triknya:



1. Kulit bersih

Ibarat kanvas, wajah musti dalam kondisi bersih sebelum memakai sheet mask. Bersihkan dengan cleanser kemudian sabun pencuci muka. Gunakan toner untuk membersihkan sisa sabun dan melembutkan kulit.

Tahap berikutnya baru essence (fakultatif), lalu serum, dan diakhiri dengan sheet mask. Jika tidak terbiasa dengan banyak langkah, yang penting bersihkan muka dan gunakan toner sebelum mengaplikasikan sheet mask.

Kulit yang bersih dan lembut bisa menyerap nutrisi sheet mask lebih baik. Kulit layaknya spons yang akan menyerap cairan sheet mask.

2. Maksimalkan esens

Nutrisi untuk kulit terletak pada cairan atau esens pada sheet mask. Biasanya setelah digunakan untuk wajah, cairan ini masih tersisa banyak di wadah. Sebaiknya jangan buang cairan begitu saja. Oleskan saja pada leher, kaki, lengan hingga siku.

Sisa cairan ini pun kadang masih tersisa di wajah meski sudah waktunya melepas masker. Beri kesempatan wajah untuk melanjutkan penyerapan sembari tepuk-tepuk perlahan agar prosesnya lebih cepat.

3. Pilih sesuai kebutuhan

Diskon selalu menggoda orang untuk membeli sesuatu meski sebenarnya belum sesuai kebutuhan. Sebaiknya diskon tidak menyilaukan mata Anda dalam memilih sheet mask. Cek kemasan untuk melihat bahan dan tawaran manfaat sheet mask.

Mengutip dari The Klog, jika Anda ingin sheet mask yang menghidrasi, pilih yang mengandung hyaluronic acid, glycerin, ekstrak lendir siput atau humektan (humectant).

Kulit bermasalah atau sedang mengalami peradangan akibat iritasi bisa menggunakan sheet mask yang berfungsi menenangkan. Biasanya sheet mask mengandung ekstrak teh hijau, lendir siput (snail bee) dan ekstrak aloe vera.

Jika ingin lebih mencerahkan kulit, gunakan sheet mask yang mengandung vitamin C, niacinamide atau bahan-bahan alami misalnya ekstrak centella asiatica (bunga centella).

Untuk mencegah berbagai proses penuaan wajah, seperti garis halus dan juga kerutan, gunakan sheet mask berbahan adenosine dan ekstrak citrus paradisi (grapefruit).


4. Perhatikan waktu

Ingin memaksimalkan penggunaan sheet mask bukan berarti menggunakannya dalam waktu lebih lama. Tiap label punya aturan sendiri terkait pemakaian, tetapi rata-rata waktu yang disarankan 15-20 menit.

Ketika sheet mask dibiarkan lebih lama, maka masker tidak akan melembapkan kulit lagi. Justru masker bakal menyerap kelembapan kulit. Hindari memakai masker sampai tertidur atau bahkan terbangun dengan sheet mask yang sudah mengering di wajah.

5. Simpan di kulkas

Sheet mask bisa memberikan sensasi menyegarkan buat wajah. Sensasi menyegarkan bisa lebih ditingkatkan dengan meletakkan sheet mask di kulkas sebelum digunakan. Dinginkan selama sekitar 30 menit dan aplikasikan di wajah.


6. Pijat wajah

Setelah sheet mask selesai digunakan, pijat wajah juga bagian-bagian tubuh lain yang dioleskan esens dari sheet mask. Pijat dengan gerakan ke atas mulai dari leher ke dagu. Kemudian dari dagu ke arah sudut bibir dan telinga, juga dari hidung ke arah pelipis. Pijatan akan meningkatkan aliran darah ke area-area ini sehingga kulit bisa berkilau alami. (els/chs)


BACA JUGA