10 Kuburan Paling Terkenal di Dunia

CNN Indonesia | Kamis, 03/10/2019 15:17 WIB
10 Kuburan Paling Terkenal di Dunia Ilustrasi. Parade kostum dalam acara Jakarta Halloween Festival 2014. (CNNIndonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia -- Banyak yang bergidik ngeri saat mendengar kata 'kuburan' atau 'makam'. Padahal tidak selamanya tempat tersebut menghadirkan suasana kengerian. Di Indonesia, ada banyak kuburan yang bernilai sejarah, seperti di Trunyan, Tana Toraja, Kalibata, dan Pemakaman Belanda Ancol. 

Warga Desa Truyan, Bali, masih melakukan salah satu tradisi unik mereka, yakni memakamkan orang di pohon. Walau pemandangannya suram dan magis, namun tak ada bau busuk di sini karena jenazah dikuburkan di Pohon Taru Menyan yang wangi. 

Sementara itu setelah tradisi pemakaman Rambu Solo, warga Tana Toraja, Sulawesi Selatan, biasanya memakamkan jenazah berdiri di tebing-tebing batu. Sama seperti di Trunyan, tak ada bau busuk yang mengganggu di sini. 


Area pemakaman di luar negeri juga banyak yang memiliki sejarah, cerita, dan bentuk yang unik. Berikut ini beberapa di antaranya:


1. Cementerio General - Santiago, Chile

Cementerio General. (Istockphoto/ Diegograndi)

Area kuburan ini merupakan yang terbesar di Santiago. Terdapat lebih dari 2 juta makam yang bersemayam di sini. Yang unik, kuburan-kuburan di sini dibagi sesuai profesi jenasah, mulai dari guru, pemadam kebakaran, sampai badut.

2. Mirogoj Cemetery - Zagreb, Kroasia

Mirogoj Cemetery. (Istockphoto/ Boris25)

Kuburan ini memiliki area makam dan kremasi. Tak seperti area pemakaman yang gersang atau suram, jenazah yang dimakamkan di sini bisa menikmati kehidupan alam baka dengan lebih "instagramable", karena bangunannya berupa kastel kuno, lengkap dengan ukiran dinding dan lantai bercorak.

3. Waverley Cemetery - Sydney, Australia

Waverley Cemetery. (Istockphoto/ PurpleImages)

Pemakaman dengan pemandangan lautan lepas bisa ditemukan di sini. Ada sekitar 80 ribu kuburan yang bersemayam di area yang berbatasan dengan Pantai Bondi ini.

4. The Merry Cemetery - Sapanta, Rumania

The Merry Cemetery. (Istockphoto/ Bulgac)

Warga di Sapanta sepertinya sangat menjaga sikap, sehingga bisa mendapat tulisan obituari yang membanggakan untuk dipajang di batu nisannya. Di kuburan ini, jenazah dimakamkan dengan batu nisan bergambar karikatur dirinya semasa hidup. Batu-batu nisan di sana juga menggambarkan ajal yang menjemput mereka, mulai dari sakit keras sampai kecelakaan mobil.

5. Panteón Antiguo de Xoxocotlán - Oaxaca, Meksiko

Film animasi 'Coco' terinspirasi dari perayaan Hari Kematian (Day of the Dead/Día de los Muertos) yang dirayakan di kuburan ini. Mengunjungi makam kerabat menjadi tradisi warga di sini, sehingga kuburan-kuburan yang menghampar dihias oleh bunga-bunga yang indah. Día de los Muertos digelar setiap 31 Oktober.


6. Highgate Cemetery - London, Inggris

Highgate Cemetery. (Istockphoto/ Mango2friendly)

Makam Karl Marx menjadi yang paling populer dikunjungi turis di sini. Suasana gothic sangat terasa saat memasuki area kuburan yang telah ada sejak abad ke-19 ini. Tersedia juga tur berkeliling bagi yang ingin tahu lebih banyak soal sejarah pemakaman ini.

7. Hollywood Forever Cemetery - Los Angeles, California

Hollywood Forever Cemetery. (Istockphoto/ AlizadaStudios)

Sama seperti Highgate Cemetery, area pemakaman ini juga menjadi persemayaman terakhir orang terkenal seperti Johnny Ramone. Selain itu ada banyak sutradara, aktor, dan aktris Hollywood yang dikuburkan di sini.

8. Cimetière du Père Lachaise - Paris, Prancis

Cimetière du Père Lachaise Paris. (Istockphoto/ Jacquesvandinteren)

Jim Morrison, Oscar Wilde, Frederic Chopin, Marcel Proust, dan Amedeo Modigliani dimakamkan di sini. Kuburan Wilde terbilang paling populer, karena banyak yang meninggalkan tanda kecupan bibir di nisannya.

9. Neptune Memorial Reef - Key Biscayne, Florida

Dikremasi di atas tanah mungkin sudah biasa, tapi bagi yang ingin dikremasi di bawah laut mungkin bisa mendatangi area pemakaman ini. Abu kremasi nantinya dicampur dengan semen yang dibentuk patung lalu ditenggelamkan di air. Saat menyelam ke dalam perairannya, pemandangannya bagai di kota Atlantis.

10. Calvary Cemetery - New York, New York

Calvary Cemetery. (Istockphoto/ Alex Potemkin)

Kuburan di tengah kota bukan hanya ada di Jakarta. Area pemakaman ini berada di jantung kota New York dengan pemandangan gedung pencakar langit. Film 'Godfather' juga mengambil lokasi syuting di sini.

(ard/ard)