Cara Tepat Menyimpan Kondom, Bukan di Dompet

Tim, CNN Indonesia | Jumat, 11/10/2019 22:15 WIB
Cara Tepat Menyimpan Kondom, Bukan di Dompet Ilustrasi kondom. (Foto: Istockphoto/phanasitti)
Jakarta, CNN Indonesia -- Apakah Anda termasuk orang yang menyimpan kondom di dalam dompet? Bila iya, saatnya untuk memilih tempat baru bagi si kondom agar tak mudah rusak.

Ukuran kondom yang relatif kecil, serta dompet yang penuh privasi, membuat kondom dan dompet tampak seperti 'jodoh'. Itulah mengapa, banyak orang yang akhirnya memilih untuk menyimpan kondom di dalam dompet.

Walau kondom dan dompet dapat saling melengkapi, sayangnya dompet bukanlah tempat terbaik untuk menyimpan kondom. Menyimpan kondom di dompet hanya akan merusak kualitas alat kontrasepsi tersebut.



"Menyimpan kondom di dalam dompet biar gampang, itu sebenarnya tidak boleh. Itu kesalahan laki-laki," kata Head of Strategic Planning DKT Indonesia Aditya A Putra di International Conference on Indonesia Family Planning & Reproductive Health di Yogyakarta, beberapa waktu lalu. DKT Indonesia merupakan kewirausahaan sosial yang memasarkan alat kontrasepsi.

Aditya menjelaskan, saat menyimpan kondom di dalam dompet, kualitas kondom akan menurun akibat tekanan. Pasalnya, dompet kerap kali di simpan di saku celana sehingga sering tertekan karena diduduki. Sehingga Kondom yang disimpan di dalam dompet rawan tertekuk.

Lebih dari itu, tekanan dan gesekan pada kondom di dalam dompet juga dapat membuat bungkus kondom bocor, cairan lubrikan mengering, dan terkontaminasi bakteri dari uang dan kartu yang ada di dompet.

Jadi, cara menyimpan kondom yang baik adalah diletakkan di tempat yang minim gesekan dan juga aman dari tekanan, seperti di dalam tas atau waist bag yang kini sedang tren di kalangan pria.

Kondom juga mesti di simpan di tempat yang sejuk atau tidak terkena sinar matahari. Aditya mengatakan, tak jarang orang yang menyimpan kondom di kusen jendela atau pintu.


"Kesalahan lain misalnya meletakkan kondom di kusen, supaya tidak ketahuan. Itu juga tidak boleh, karena kusen terkena matahari," tutur Aditya.

Agar kualitas kondom tetap terjaga, baiknya tidak membuang kemasan kondom. Kotak kemasan kondom dapat memberikan perlindungan ekstra agar kondom tidak gampang rusak.

[Gambas:Video CNN]

(ptj/ayk)


ARTIKEL TERKAIT