Cara Membuat 'Scrambled Egg' Lezat untuk Sarapan

Tim, CNN Indonesia | Senin, 07/10/2019 06:57 WIB
Cara Membuat 'Scrambled Egg' Lezat untuk Sarapan Ilustrasi telur orak-arik. (Foto: Istockphoto/ Robynmac)
Jakarta, CNN Indonesia -- Saking praktisnya, telur kerap menjadi pilihan untuk sarapan. Cukup direbus atau digoreng saja, Anda sudah bisa menikmati gurihnya telur. Namun, kali ini Anda bisa memberikan sentuhan berbeda pada olahan telur, yakni dengan membuat scrambled egg alias telur orak-arik.

Telur orak-arik kini lebih dari sekadar masakan rumahan karena sudah jadi menu di restoran-restoran cepat saji. Tak perlu khawatir, Anda pun bisa membuat telur orak-arik seenak restoran. Bagaimana caranya?

1. Pilih telur yang baik


Melansir dari Men's Health, sebaiknya Anda memilih telur yang dijual di pasar, bukan telur supermarket. Ini bisa dicoba tetapi jika pasar kurang memungkinkan untuk dijangkau, usahakan pilih telur yang baik.


Ciri telur yang baik dan segar adalah memiliki warna cerah dan pekat. Kulit telur yang kusam dan berbintik biasanya telur yang sudah terlalu lama disimpan. Selain itu saat digerakkan, jika isi telur mengikuti arah gerakan maka bisa dipastikan tali pusat yang mengikat kuning telur sudah putus dan tidak segar.

2. Suhu medium

Panaskan mentega atau butter untuk memperoleh rasa lebih gurih dan wangi. Kemudian turunkan suhu hingga ke low-medium. Minyak yang terlalu panas akan membuat telur cepat gosong dan kering. Padahal kelezatan telur orak-arik terletak pada teksturnya yang lembut.

3. Kocok di tempat

Kadang telur dikocok terlebih dahulu di wadah terpisah, tetapi Anda bakal mengotori banyak wadah hanya untuk olahan telur ini. Pecahkan saja dua atau tiga butir telur langsung pada wajan anti-lengket.

Sebaiknya jangan lakukan apapun sebelum bagian putih telur berubah keruh. Jika sudah, mulai aduk dengan spatula.

4. Tanpa bahan tambahan

Ini soal selera. Anda bisa mengkreasikan telur orak-arik dengan bahan apapun semisal lada, garam atau oregano. Namun telur orak-arik juga bisa seadanya tanpa tambahan bahan apapun karena butter sudah memberikan rasa pada telur. Tak perlu dimasak terlalu lama sebab tekstur lembut malah akan hilang.


Matikan api kompor, tetapi biarkan telur masih di wajan sambil sesekali diaduk. Sajikan selagi hangat dan beri kecap atau saus sesuai selera. (els/ayk)