Penyebab dan Cara Mencegah Penyakit Herpes

Tim, CNN Indonesia | Senin, 07/10/2019 13:25 WIB
Penyebab dan Cara Mencegah Penyakit Herpes Ilustrasi. Herpes merupakan infeksi yang disebabkan oleh Herpes Simplex Virus. (Foto: Istockphoto/Elitsa Deykova)
Jakarta, CNN Indonesia -- Penyakit herpes merupakan salah satu kondisi yang umumnya berlangsung dalam jangka panjang. Mencegah herpes dapat dilakukan dengan cara menghindari penyebab penularan virus.

Herpes merupakan infeksi yang disebabkan oleh Herpes Simplex Virus (HSV). Virus ini menyerang genitalia eksternal, daerah anus, dan bagian kulit lainnya.

Penyakit ini ditandai dengan gejala seperti kulit melepuh, muncul borok, nyeri saat buang air kecil, luka, dan keputihan. Dalam banyak kasus, sering kali orang membawa virus herpes, tapi tidak memiliki gejala.



Mengutip Medical News Today, penyakit herpes ditularkan melalui sentuhan langsung dengan kulit orang yang terinfeksi. HSV diketahui hidup di permukaan kulit dan tempat-tempat lembap seperti mulut, anus, serta alat kelamin.

Infeksi dapat terjadi melalui beberapa cara seperti hubungan seksual tanpa menggunakan kondom, hubungan seks oral, dan melakukan kontak genital dengan orang yang terinfeksi.

Untuk mencegah penyakit ini, cara yang dapat dilakukan adalah menghindari penyebab-penyebab penularan HSV. Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan:

1. Menggunakan kondom saat berhubungan seksual.
2. Tidak berhubungan seksual saat memiliki gejala herpes.
3. Tidak berciuman jika terdapat luka di dalam mulut.
4. Tidak berhubungan seksual dengan banyak pasangan.

Penyakit herpes dapat diobati dengan sejumlah perawatan untuk mengurangi gejala. Hingga saat ini, tidak ada obat yang dapat menghilangkan virus tersebut. Biasanya, dokter memberikan antivirus untuk mencegah virus berkembang dan mengurangi gejala.

[Gambas:Video CNN] (ptj/asr)