8 Cara Mudah Menghilangkan Bau Kaki

Tim, CNN Indonesia | Senin, 07/10/2019 16:35 WIB
8 Cara Mudah Menghilangkan Bau Kaki Ilustrasi. Bau kaki terjadi akibat adanya perkembangbiakan bakteri pada kaki. (Foto: wokandapix/Pixabay)
Jakarta, CNN Indonesia -- Terlalu lama memakai sepatu dapat membuat area telapak kaki menjadi berkeringat. Keringat yang tertahan dapat menghasilkan kelembapan sehingga menjadi tempat subur pertumbuhan bakteri maupun jamur. Percampuran antara keringat, bakteri, maupun jamur inilah yang kerap memicu timbulnya bau kaki.

Bau kaki dikenal juga dengan istilah medis bromodosis, terjadi akibat adanya perkembangbiakan bakteri pada kaki yang dipicu oleh penumpukan keringat sehingga menyebabkan bau pada kaki.

Berikut sejumlah cara yang dapat dilakukan untuk menghilangkan bau kaki secara alami.



1. Cuci kaki dengan menggunakan sabun yang lembut di pagi dan malam hari. Pastikan semua bagian kaki dibersihkan termasuk di sela-sela jari. Setelah itu, keringkan kaki karena bakteri dapat dengan mudah hidup di kaki yang lembap.

2. Rutinlah memotong kuku kaki karena ujung kuku merupakan sarang kotoran serta bakteri yang akhirnya dapat menimbulkan bau.

3. Dikutip dari Health Line, bersihkan pula kulit mati di sekitar kuku atau bagian kaki lainnya. Kulit mati yang dibiarkan mengendap dapat menjadi 'makanan' bagi bakteri.

4. Ganti kaus kaki setiap hari agar kaki tetap higienis. Jika berolahraga atau dalam situasi yang panas, ganti kaus kaki sesering mungkin. Pilihlah kaus kaki yang menyerap keringat atau memiliki sirkulasi udara yang baik untuk mencegah perkembangan bakteri akibat kaus kaki yang lembap.

5. Pastikan sepatu dalam kondisi kering sebelum digunakan agar bakteri penyebab bau kaki menghilang. Hindari pula sepatu yang sempit karena dapat memicu keringat lebih banyak.

6. Selain sepatu, Anda juga bisa menggunakan sandal di sela-sela berkegiatan untuk memastikan kaki dapat bernapas dan tidak pengap.

7. Di malam hari, mengoleskan sedikit alkohol dengan kapas ke bagian kaki dapat membantu membuat kaki kering dan menghilangkan bau kaki.



8. Oleskan pula semprotan kaki antijamur sekali sehari untuk mencegah bau kaki tidak sedap. Merendam kaki pada air yang dicampur sedikit cuka juga bisa membunuh bakteri.

Aplikasikan cara mudah menghilangkan bau kaki ini setiap hari agar bakteri bromodosis penyebab bau tak muncul lagi.

[Gambas:Video CNN] (ptj/ayk)


ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA