Penelitian 'Sel dan Oksigen' Raih Hadiah Nobel Kesehatan

tim, CNN Indonesia | Senin, 07/10/2019 18:40 WIB
Penelitian 'Sel dan Oksigen' Raih Hadiah Nobel Kesehatan Penghargaan nobel untuk kedokteran tahun 2019 diberikan kepada William Kaelin Jr, Sir Peter Ratcliffe, dan Gregg Semenza dengan penelitian sel. (Pontus Lundahl/TT via AP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Penghargaan nobel untuk kedokteran tahun 2019 diberikan kepada William Kaelin Jr, Sir Peter Ratcliffe, dan Gregg Semenza. Mereka mendapat penghargaan untuk penelitian perintis mereka tentang bagaimana sel manusia merespons perubahan tingkat oksigen.

Mengutip CNN, penghargaan ini diumumkan di Karolinska Institute di Stockholm pada Senin (7/10). Komite Nobel mengatakan bahwa penemuan mereka bertiga telah membuka jalan di dunia kesehatan dan menjanjikan strategi baru untuk memerangi anemia, kanker, dan banyak penyakit lainnya.

Mereka bertiga, kata panitia, sudah berhasil mengidentifikasi mesin molekuler yang mengatur aktivitas gen dalam menanggapi berbagai tingkat oksigen.


"Mereka membangun dasar bagi pemahaman kita tentang bagaimana kadar oksigen memengaruhi metabolisme seluler dan fungsi fisiologis," kata juri dikutip dari AFP.

(chs)