7 Manfaat Kacang Almond

Tim, CNN Indonesia | Selasa, 08/10/2019 16:20 WIB
7 Manfaat Kacang Almond Ilustrasi. Beragam kandungan yang ada di dalamnya membuat kacang almond kaya akan manfaat. (Unsplash/Juan Jose Valencia Antia)
Jakarta, CNN Indonesia -- Almond merupakan salah satu kacang paling populer di dunia. Beragam kandungan yang ada di dalamnya membuat manfaat almond begitu kaya.

Almond kerap dikonsumsi secara langsung baik sebagai camilan, tambahan sereal, pelengkap cokelat, hingga topping makanan.

Selain rasa yang nikmat, almond menawarkan manfaat yang tinggi untuk kesehatan. Berikut 9 manfaat mengonsumsi almond.


1. Kaya nutrisi
Satu porsi almond sekitar 1 ons (28 gr) mengandung sejumlah nutrisi penting yakni 3,5 gr serat, 6 gr protein, 14 gr lemak dan (9 gr diantaranya lemak tidak jenuh).

Mengutip Healthline, almond juga mengandung vitamin E, vitamin B2, mangan, magnesium, dan fosfor yang cukup. Almond juga kaya asam fitat yang mengandung antioksidan.

2. Antioksidan
Almond merupakan sumber antioksidan yang baik bagi tubuh. Antioksidan melindungi tubuh dari kerusakan dan penuaan sel, serta mencegah berbagai macam penyakit termasuk kanker.

Studi menunjukkan, antioksidan paling tinggi dalam almond terdapat pada lapisan kulit yang berwarna cokelat. Oleh karena itu, konsumsi almond sangat disarankan bersamaan dengan makanan berat.

3. Vitamin E
Vitamin E juga berperan sebagai antioksidan yang larut dalam lemak. Vitamin E menumpuk di membran sel dan melindungi sel dari kerusakan.

Almond merupakan salah satu sumber vitamin E terbaik dengan setiap porsinya mengandung 37 persen asupan vitamin E harian yang disarankan.

Asupan vitamin E dikaitkan dengan tingkat penyakit jantung, kanker, dan Alzheimer yang lebih rendah.

4. Mengontrol gula darah
Manfaat almond juga ditemukan dalam kandungan karbohidrat yang rendah tapi tinggi lemak, protein, dan serat. Kandungan ini dapat mengontrol gula darah tetap stabil dan baik untuk orang dengan diabetes.

Kandungan magnesium dalam almond membantu mengontrol gula darah dalam tubuh.

5. Tekanan darah
Selain gula darah, almond juga membantu mengurangi tekanan darah. Kandungan magnesium membantu mengurangi tekanan darah sehingga menurunkan risiko berbagai penyakit seperti stroke, jantung, dan ginjal.

6. Mengurangi kolesterol
Studi menunjukkan, konsumsi almond efektif menurunkan LDL atau kolesterol jahat. Konsumsi almond 20 persen dari kebutuhan kalori mengurangi LDL 12,4 mg/dL.

Kandungan dalam almond juga dapat mencegah oksidasi yang dapat berkembang menjadi berbagai macam penyakit. Kulit almond kaya akan polifenol yang mencegah oksidasi kolesterol. Studi menunjukkan, konsumsi almond sebulan menurunkan kadar kolesterol teroksidasi hingga 14 persen.

7. Mengurangi berat badan
Kandungan protein dan serat yang tinggi dalam almond dapat meningkatkan perasaan kenyang sehingga membuat konsumsi kalori lebih sedikit. Konsumsi almond efektif mengurangi rasa lapar.

Manfaat almond juga dapat meningkatkan metabolisme sehingga bisa membakar kalori dan lemak lebih banyak.

[Gambas:Video CNN] (ptj/asr)