7 Gejala Infeksi Saluran Kemih, Buang Air Kecil Terasa Nyeri

Tim, CNN Indonesia | Rabu, 09/10/2019 06:59 WIB
7 Gejala Infeksi Saluran Kemih, Buang Air Kecil Terasa Nyeri Ilustrasi. Buang air kecil yang terasa nyeri bisa menjadi gejala infeksi saluran kemih. (Foto: Merry Wahyuningsih)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pernah mendengar saran untuk membersihkan organ intim dengan cara membasuh dari depan ke belakang? Itu adalah salah satu tujuan agar wanita terhindar dari infeksi saluran kemih (ISK).

ISK terjadi saat kandung kemih kemasukan bakteri penyebab infeksi. Bakteri tersebut bisa masuk lewat uretra, yaitu tabung yang mengangkut urin dari kandung kemih ke luar tubuh. Karena uretra terletak dekat dengan anus, sehingga bakteri seperti E.coli sangat mudah untuk menyerang uretra dan bermigrasi ke kandung kemih, lalu menyebabkan infeksi.

Wanita dinilai lebih rentan terkena ISK karena memiliki ukuran uretra yang lebih pendek sehingga bakteri lebih mudah masuk. Selain ukuran uretra, hubungan seksual dan sering menahan pipis juga bisa pemicu ISK.



Beberapa gejala khas infeksi saluran kemih (ISK) mengutip Web MD antara lain:
1. Area vagina terasa sakit atau panas saat buang air kecil.
2. Anyang-anyangan atau keinginan kuat untuk buang air kecil namun yang keluar hanya sedikit. Ini terjadi cukup sering sehingga mengganggu aktivitas.
3. Nyeri pada perut bagian bawah.
4. Urin berwarna gelap atau mengandung darah.
5. Urin berbau tidak sedap hingga berbau busuk.
6. Beberapa kasus ISK juga bisa menimbulkan demam.
7. Mudah lelah layaknya sedang sakit flu.

Bila mengalami gejala tersebut baiknya segara periksa diri ke dokter. Penegakan diagnosa ISK dilakukan dengan cara pemeriksaan sampel urin untuk menguji keberadaan bakteri penyebab infeksi. Dokter umumnya akan meresepkan obat untuk meredakan rasa sakit, termasuk antibiotik untuk membunuh bakteri. Jika dibiarkan, ISK akan menyebar hingga ginjal dan menyerang punggung sehingga menimbulkan rasa nyeri. Rasa nyeri akan berlangsung setiap saat.

ISK dapat dicegah dengan menjaga kebersihan organ intim, minum cukup cairan untuk 'menyiram' bakteri agar keluar dari kandung kemih, serta mengonsumsi makanan kaya air seperti buah-buahan.


Sebuah penelitian sempat mendapati, konsumsi jus cranberry dapat mencegah infeksi saluran kemih. Berry merah mengandung tannin yang dapat menghalau bakteri E.coli untuk menempel di dinding kandung kemih. Walau jus cranberry tidak secara signifikan dapat mengurangi kejadian ISK, namun ini bisa mencari cara untuk mencegah ISK. (ayk/ayk)


ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA