6 Tanda Pasangan Serius Jalani Hubungan

Tim, CNN Indonesia | Kamis, 10/10/2019 04:55 WIB
6 Tanda Pasangan Serius Jalani Hubungan Ilustrasi. Ketahui keseriusan hubungan dari beberapa perilaku pasangan saat berkencan. (Istockphoto/Geber86)
Jakarta, CNN Indonesia -- Banyak orang mendambakan hubungan yang serius. Di sini, serius merujuk pada hubungan romantis yang dijalani untuk satu tujuan bersama: pernikahan.

Masa awal kencan adalah waktunya bagi Anda dan pasangan bersama-sama membangun chemistry dan saling mengenal satu sama lain. Masa berikutnya adalah waktu bagi Anda untuk menentukan akan dibawa ke mana hubungan berjalan.

Namun, menangkap perasaan seseorang yang sesungguhnya bukan perkara mudah. Tak semua orang berani bertanya secara blak-blakan pada pasangan, apalagi mempertanyakan nasib hubungan.


Dengan itu, mengetahui beberapa tanda atau perilaku pasangan dapat membantu Anda. Berikut beberapa tanda atau perilaku pasangan yang menandakan bahwa si dia serius menjalani hubungan dengan Anda, mengutip Elite Daily.

1. Menyatakan serius pada kencan pertama
Penting untuk mendengarkan apa yang pasangan sampaikan di awal hubungan. Psikolog Susan Winter mengatakan, seseorang yang benar-benar menginginkan hubungan serius tak akan ragu-ragu untuk menyatakannya pada kencan pertama.

2. Tertarik mengetahui apa yang Anda harapkan
Seseorang yang serius dalam menjalani hubungan akan selalu berusaha untuk berada dalam tujuan yang sama dengan Anda.

"Mereka akan selalu tertarik untuk mencari tahu apa yang sebenarnya Anda cari dan inginkan," ujar Winter.

Dalam sebuah hubungan serius, seseorang akan berharap memiliki arah dan tujuan yang sama dengan Anda.

3. Mengeluarkan pertanyaan-pertanyaan yang dalam
Seseorang yang serius akan selalu ingin tahu apa yang ada di pikiran Anda. Mereka akan selalu berusaha memahami pola pikir Anda.

"Ketika seseorang mencari pasangan yang serius, mereka akan menghindari pertanyaan-pertanyaan personal yang dangkal," kata Winter.

Meski obrolan dimulai dari seberapa banyak saudara kandung yang Anda miliki, namun lambat laun pertanyaan itu akan bergeser pada obrolan soal tujuan dan nilai-nilai kehidupan.

Psikolog Leslie Beth Hope memberikan beberapa pertanyaan yang menandakan keseriusan si dia, seperti di antaranya:
- Bagi Anda, hal-hal apa yang penting dalam sebuah hubungan?
- Apa yang Anda pelajari dari hubungan masa lalu?

"Keduanya mungkin merupakan tanda-tanda mereka mencari pasangan yang serius," ujar Hope.

4. Memperkenalkan Anda ke lingkungannya
Kencan pribadi yang intim bisa jadi sangat romantis. Tapi, kencan di tengah suasana ramai tak kalah menyegarkan. Apalagi jika agenda kencan dikelilingi oleh orang-orang yang berada di dalam lingkungan sosial pasangan.

"Memperkenalkan Anda pada lingkungan sosialnya menjadi salah satu tanda pasangan serius," kata psikolog April Masini. Hal ini menjadi caranya untuk mengintegrasikan Anda ke bagian paling penting dalam hidupnya.

Senada, Winter mengatakan, perilaku ini menjadi bukti bahwa mereka tertarik melihat bagaimana Anda akan menyatu dengan kehidupan mereka.

"Presentasi publik Anda ibarat cara mereka 'menguji air' dengan memasukkan Anda ke dalam kehidupan mereka," kata Winter.

5. Double date dengan sahabat
Selain memperkenalkan Anda pada lingkungan sosialnya, keseriusan seseorang juga dapat dilihat dari ajakan double date bersama sahabat.

"Double date bersama sahabatnya menjadi tanda mereka mulai serius tentang masa depan hubungan Anda," kata Masini.

6. Mulai bicara soal masa depan
Apakah pasangan Anda mulai menyebutkan hal-hal yang ingin mereka lakukan bersama di masa depan? Jika iya, hal itu menjadi pertanda baik bagi hubungan Anda.

"Jika mereka serius dengan Anda, mereka tak akan takut untuk membicarakan masa depan," ujar psikolog James Preece.

[Gambas:Video CNN] (asr/asr)