Mengenal Kanker Payudara Pria seperti pada Ayah Beyonce

Tim, CNN Indonesia | Rabu, 09/10/2019 14:56 WIB
Mengenal Kanker Payudara Pria seperti pada Ayah Beyonce Ilustrasi. Ayah penyanyi Beyonce, Mathew Knowless, didiagnosis terkena kanker payudara. (Dok. Padrinan/Pixabay)
Jakarta, CNN Indonesia -- Ayah penyanyi Beyonce, Mathew Knowles menderita kanker payudara. Knowles merupakan satu dari sedikit pria yang memiliki penyakit kanker payudara.

Lebih banyak terjadi pada kaum hawa, kanker payudara kerap dianggap sebagai penyakit yang hanya menyerang perempuan.

Meski banyak terjadi pada perempuan, laki-laki juga bisa terkena kanker payudara. Sama seperti perempuan, pria juga memiliki jaringan payudara pada tubuhnya.


Kendati demikian, kasus kanker payudara pada pria terbilang langka. Satu dari seribu pria didiagnosis kanker tersebut.

Dikutip dari National Breast Cancer Foundation, kanker payudara pada pria biasanya muncul dengan perkembangan benjolan keras di bawah puting dan areola. Faktor risiko kanker payudara pada pria meliputi paparan radiasi, tingginya hormon estrogen, dan faktor genetika atau keturunan.

Walau terjadi lebih sedikit, angka kematian kanker payudara pada pria lebih tinggi dibanding wanita. Hal ini disinyalir terjadi karena kurangnya kesadaran pria terhadap kanker payudara sehingga membuat pengobatan terlambat.

Kanker payudara pada pria menunjukkan gejala yang sama dengan kasus yang terjadi pada wanita. Gejala ditunjukkan dengan perubahan pada puting dan payudara seperti nyeri, perubahan tekstur kulit seperti kulit jeruk, pori-pori membesar, dan muncul benjolan.

Bentuk payudara dan puting juga cenderung ikut berubah seperti membesar, muncul lesung, penyusutan payudara, dan asimetri. Muncul pula cairan atau darah dari puting susu.

Pengobatan kanker payudara para perempuan dan pria cenderung sama, tergantung jenis kanker yang diidap. Pada ayah Beyonce, Knowles melakukan perawatan mastektomi atau pengangkatan payudara untuk mencegah penyebaran sel kanker.

[Gambas:Video CNN] (ptj/asr)