Warna Busana Perempuan yang Bikin Pria 'Gagal Fokus'

Tim, CNN Indonesia | Rabu, 09/10/2019 23:40 WIB
Warna Busana Perempuan yang Bikin Pria 'Gagal Fokus' Ilustrasi. Warna busana merah yang dikenakan perempuan tak lagi menarik perhatian pria. (JP Yim/Getty Images/AFP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Banyak orang berpikir bahwa merah menjadi warna yang membuat seorang perempuan terlihat lebih menarik. Namun, pandangan itu tampaknya tak sepenuhnya benar untuk dipakai di zaman kiwari.

Sebuah penelitian menemukan bahwa merah tak lagi menjadi warna terbaik yang dikenakan perempuan saat kencan. Ada warna lain yang membuat perempuan terlihat lebih menarik.

Studi yang dilakukan oleh Lincoln University, Inggris itu menemukan bahwa warna merah hanya dapat meningkatkan daya tarik seksual seorang perempuan, tapi tidak untuk membuat kaum hawa menarik di depan pria.


Warna yang bikin pria kepincut itu adalah hitam. Mengutip Times of India, para ahli berkesimpulan bahwa warna hitam membuat seorang perempuan terkesan sangat modis.

"Merah hanya meningkatkan daya tarik seksual, tapi hitam lebih berpotensi untuk menarik perhatian lawan jenis," ujar penulis utama studi, Robin Kramer.

Dalam hal ini, lanjut Kramer, pengaruh budaya dan sosial memainkan peran yang jauh lebih besar dalam cara orang berpakaian.

"Merah secara tradisional dipandang sebagai warna cinta. Namun, penelitian menunjukkan bahwa hitam dan merah dianggap sama-sama mampu membuat perempuan terlihat lebih menarik, tentu dengan cara yang berbeda," jelas Kramer.

Penelitian ini dilakukan dengan menganalisis 546 peserta pada reality show salah satu televisi Inggris, "First Dates". Dalam acara itu, kebanyakan perempuan lajang mengenakan busana bernuansa hitam ataupun gelap.

[Gambas:Video CNN] (asr/asr)