Chernivtsi, Kota Arsitektur Bersejarah di Ukraina

CNN Indonesia | Rabu, 09/10/2019 18:35 WIB
Chernivtsi, Kota Arsitektur Bersejarah di Ukraina Kota Chernivtsi di Ukraina. (AP Photo/Frances D'Emilio)
Jakarta, CNN Indonesia -- Berada di selatan Ukraina, Chernivtsi merupakan kota yang semarak di timur Eropa.

Menjadi salah satu kota tertua di Ukraina, Chernivtsi dihuni banyak anak muda yang sedang menempuh pendidikan di kampus-kampus yang berdiri di sana.

Kota ini juga menjadi pemukiman banyak bangunan kuno dari abad ke-19 yang masuk dalam daftar Situs Warisan Budaya UNESCO.



Bersanding dengan bangunan yang menjadi saksi sejarah pemerintahan lampau bergaya Austro-Hungarian dan Orthodox, juga berdiri apartemen modern di sudut-sudut kota.

Bangunan universitas nasional yang bersejarah, yang dihuni gereja berkubah, pada awalnya adalah Kediaman Bukovinian dan Dalmatian Metropolitans, disebut oleh penduduk setempat sebagai "The Residence."

Tur berpemandu dalam bahasa Inggris bisa diikuti di sini.

Ada banyak bangku publik di sepanjang jalanan kota Chernivtsi, seperti di kawasan Central Square dan di depan City Hall - lokasi melihat upacara peniupan terompet penanda pergantian waktu setiap jamnya.

Bangku-bangku kayu ini juga terlihat jalan setapak di Taman Shevchenko, dinamai setelah nama penyair dan penulis Ukraina abad ke-19.

Dengan keberadaan pohon-pohon tinggi dan rindang yang menyediakan, taman yang ini menjadi lokasi warga dan turis bersosialisasi setiap harinya.

Tidak diragukan lagi, area bangku yang paling favorit adalah bangku di Kobylianska Street, jantung Chernivtsi.


Di kelilingi oleh pohon-pohon rindang, bangku-bangku di sini menjadi lokasi favorit pasangan memadu kasih.

Jalan Cobblestoned Kobylianska dipenuhi dengan restoran, toko suvenir, galeri seni yang memajang karya seniman Bukovina, gerai es krim, toko kue dan permen, serta kedai kopi dan teh.

Jalan ini menawarkan keberagaman yang kental dalam kota ini. Acara dansa dari komunitas Rumania berlangsung di hari yang sama dengan acara kebudayaan dari komunitas Polandia.

Selebihnya kota Chernivtsi merupakan kota pemukiman dengan rumah-rumah berwarna pastel yang romantis dan bergairah.

Bagi turis penggemar arsitektur dan sejarah Eropa Timur, berkunjung ke Chernivtsi tentu saja menjadi pengalaman yang tak terlupakan.

(AP/ard)