Pertolongan Pertama pada Luka Tusuk seperti Insiden Wiranto

Tim, CNN Indonesia | Kamis, 10/10/2019 15:13 WIB
Pertolongan Pertama pada Luka Tusuk seperti Insiden Wiranto Menko Polhukam Wiranto. (Foto: ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat)
Jakarta, CNN Indonesia -- Menkopolhukam Wiranto ditusuk orang yang tak dikenal di Alun-alun Menes, Pandeglang, Banten, Kamis (10/10). Wiranto mengalami luka tusuk di bagian perut dan langsung dilarikan ke RSUD Berkah Pandeglang. Wiranto kini dibawa ke RSPAD Gatot Subroto, Jakarta Pusat.

Luka tusuk seperti insiden Wiranto harus segera mendapatkan pertolongan agar kondisi tidak semakin parah. Bila dibiarkan lebih lama, luka akibat penusukan dapat menyebabkan pendarahan dan infeksi yang dapat memicu komplikasi.

Terdapat langkah yang sederhana dan dapat dilakukan sebagai pertolongan pertama untuk menangani luka tusuk seperti yang terjadi pada Wiranto. Berikut pertolongan pertama untuk luka tusuk versi First Aid For Life.



1. Sarung tangan
Selalu gunakan sarung tangan steril untuk membantu orang dengan luka tusuk. Bila tidak ada sarung tangan, bersihkan tangan dengan antiseptik sebelum menangani luka.

2. Duduk atau berbaring
Duduk atau baringkan seseorang yang mengalami luka tusuk. Ini berguna untuk mencegah mereka dari pusing atau pingsan.

3. Jangan dicabut
Periksa seberapa besar luka dan apakan ada benda tajam yang tertinggal di bagian luka. Jika ada, jangan berusaha mengambil benda tersebut karena ditakutkan dapat memperluas area luka. Memindahkan atau mengambil benda tajam penyebab luka hanya dapat dilakukan oleh ahli medis.

4. Bukan air
Untuk luka tusuk yang parah, jangan membersihkan luka dengan air karena air bisa mengandung bakteri penyebab infeksi. Biarkan ahli medis yang bertugas untuk membersihkan luka.

5. Beri tekanan
Berikan sedikit tekanan pada area pendarahan untuk menghentikan keluarnya darah. Hal ini dapat dilakukan dengan menutup area luka dengan tangan, perban, atau kain.

6. Jika syok
Jika korban penusukan mengalami syok yang ditandai dengan pucat, dingin, dan berkeringat, bantu mereka mendapatkan oksigen lebih banyak. Hal ini dapat dilakukan dengan membaringkan dan mengangkat sedikit kaki korban.


7. Jangan tunda ke UGD
Setelah itu, segera bawa korban menuju UGD atau rumah sakit terdekat untuk mendapatkan pertolongan luka tusuk yang komprehensif seperti yang dialami Wiranto. (ptj/ayk)