Alasan Restoran Fast Food Gunakan Logo Berwarna Merah

CNN Indonesia | Minggu, 13/10/2019 12:30 WIB
Alasan Restoran Fast Food Gunakan Logo Berwarna Merah Warna merah dipilih karena menawarkan banyak manfaat bagi industri makanan. (Foto: CNN Indonesia/Christina Andhika Setyanti)
Jakarta, CNN Indonesia -- KFC, McDonald's, Pizza Hut, Wendy's dan banyak restoran fast food lain yang 'kompak' menggunakan warna merah dalam logo restoran mereka. Tak hanya logo, restoran juga kerap menghadirkan konten promosi, kemasan, hingga warna bangunan restoran dengan warna merah.

Tak sekadar agar mudah terlihat, warna merah dipilih karena menawarkan banyak manfaat.

Studi dari University of Winnipeg, Kanada menemukan bahwa rata-rata orang mengambil keputusan mengenai orang lain atau suatu produk hanya dalam waktu 90 detik interaksi awal. Sebanyak 62-90 persen penilaian itu didasarkan oleh warna.



Oleh karena itu, memilih warna yang tepat untuk memasarkan suatu produk dinilai penting agar dapat menarik perhatian pelanggan.

Penelitian lain dari University of New Hampshire menunjukkan warna merah merupakan warna yang paling efektif untuk memikat pelanggan.

Tak hanya itu, warna merah juga berdampak terhadap nafsu makan. Restoran yang berwarna merah akan meningkatkan nafsu makan dan memicu perasaan lapar bahkan saat perut sudah terisi makanan.

Dikutip dari The Daily Meal, warna merah yang banyak digunakan restoran cepat saji terbukti membangkitkan gairah, terkait dengan sikap impulsif, dan risiko membeli lebih daripada yang dibutuhkan oleh tubuh.

Warna merah tidak seperti warna hijau, biru, atau ungu yang bersifat menenangkan. Warna merah lebih mampu membuat orang boros ketimbang warna lain.


Restoran cepat saji ini juga kerap menyandingkan warna merah dengan warna kuning. Secara psikologis, warna kuning bertujuan untuk menggambarkan kebahagiaan dan keramahan.

Sedikit banyak, warna merah ini nyatanya berhasil membawa banyak restoran fast food 'disukai' di seluruh dunia. (ptj/ayk)


ARTIKEL TERKAIT