5 Manfaat Pisang, Atasi Anemia hingga Turunkan Berat Badan

CNN Indonesia | Minggu, 10/11/2019 10:17 WIB
5 Manfaat Pisang, Atasi Anemia hingga Turunkan Berat Badan Ilustrasi. Selain dapat diolah menjadi beragam makanan, pisang juga memiliki beragam manfaat kesehatan. (Samohin/Thinkstock)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pisang adalah salah satu jenis buah tropis primadona. Selain bisa diolah jadi beragam makanan, pisang memiliki beragam manfaat kesehatan, termasuk di antaranya mengatasi konstipasi atau sembelit.

Masalah pencernaan ini kerap dialami banyak orang. Konon, pisang jadi salah satu makanan yang membantu mengatasinya. Manfaat ini didapat dari pati resisten dalam pisang yang masih mentah.

Selain konstipasi, ada beragam manfaat lain yang bisa didapat dari pisang. Berikut manfaat pisang yang bisa Anda nikmati.


1. Turunkan tekanan darah
Selain menjaga asupan garam, orang dengan hipertensi juga disarankan untuk mengonsumsi pisang.

Pisang mengandung potasium yang memiliki efek layaknya vasodilator atau memperlebar pembuluh darah.

Mengutip Medical News Today, studi menemukan, asupan potasium yang tinggi dapat menurunkan risiko kematian akibat berbagai sebab.

2. Baik untuk penderita diabetes
Studi menunjukkan, serat baik untuk mereka yang mengidap diabetes. Pada diabetes tipe 1, konsumsi serat dapat menurunkan kadar gula darah. Sedangkan pada diabetes tipe 2, serat membantu memperbaiki kadar gula, lipid, dan insulin.

Satu pisang seberat 126 gram mengandung sekitar 3 gram serat. Pisang bisa menjadi salah satu sumber kebutuhan serat harian.

Dietary Guidelines for Americans merekomendasikan konsumsi serat 21-15 gram untuk wanita dan 30-38 gram serat untuk pria.

3. Sehatkan jantung
Kandungan nutrisi pada pisang seperti serat, potasium, vitamin C, dan B6 mendukung kesehatan jantung. Menambah asupan potasium dan mengurangi asupan sodium (garam) bisa mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

Dalam sebuah studi, mereka yang mengonsumsi sebanyak 4.069 miligram potasium per hari bisa menurunkan risiko penyakit jantung iskemik sebesar 49 persen dibanding mereka yang mengonsumsi sedikit potasium (sekitar seribu miligram per hari).

4. Lawan anemia
Pisang diklaim ampuh melawan anemia. Nama terakhir merupakan kondisi penurunan jumlah sel darah merah atau hemoglobin. Kandungan zat besi dalam pisang dapat membantu mengatasi anemia.

Satu buah pisang mengandung sekitar 0,3 miligram zat besi. Zat ini membantu pembentukan sel darah merah.

5. Turunkan berat badan
Bagi yang sedang menjalankan program penurunan berat badan, Anda disarankan untuk memasukkan pisang dalam menu harian.

Kandungan serat--larut ataupun tidak larut--menambah aneka manfaat pisang. Serat larut dapat memperlambat pencernaan dan menjaga perut tetap kenyang dalam waktu lama.

[Gambas:Video CNN] (els/asr)