Bukan Menjijikkan, Upil Juga Berfungsi untuk Hidung

tim, CNN Indonesia | Senin, 14/10/2019 15:32 WIB
Bukan Menjijikkan, Upil Juga Berfungsi untuk Hidung Upil ternyata bukan sekadar kotoran hidung yang harus dibersihkan. Namun lebih dari itu, upil ternyata juga punya fungsi tersendiri.(Istockphoto/filistimlyanin)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sadar atau tidak, baru beberapa jam keluar rumah hidung sudah terasa mengganjal tak nyaman karena banyak kotoran. Kumpulan kotoran hidung alias upil rupanya jadi sumber rasa tak nyaman. Namun alih-alih berpikir ini menjijikan, Anda juga harus tahu kalau upil hidung juga punya fungsi penting untuk kesehatan.

Adanya upil hidung justru menunjukkan bahwa sistem kerja hidung masih berfungsi dengan baik. Terlebih jika mau dicek, kondisi kualitas udara Jakarta akhir-akhir ini juga menunjukkan angka tak bagus. Hari ini saja, Senin (14/9) kualitas udara berada di angka 159 atau tidak sehat.

Udara yang dihirup mengangkut banyak komponen mulai dari oksigen, nitrogen, debu, polusi, alergen, bakteri, virus, serangga kecil dan masih banyak lagi. Hidung pun melakukan mekanisme penyaringan dengan lapisan lendir dan silia (rambut halus di sisi dalam hidung).


Aneka benda asing pun akan menempel di rongga hidung kemudian mengering menjadi upil hidung. Jadi fungsi upil hidung memang penting buat pernapasan.


Mengutip dari Cleveland Clinic, kumpulan upil yang kering maupun yang masih terbungkus lendir lama-kelamaan akan terdorong ke tenggorokan dan tertelan. Perut memiliki toleransi lebih tinggi dalam menerima benda asing dibandingkan paru-paru.

Apakah mengupil berbahaya?

Meski sadar akan fungsi upil hidung, orang kerap tak tahan dengan rasa mengganjal sehingga perlu mengeluarkan upil dengan jari. Namun Irvin Sulapas, asisten profesor kedokteran olahraga di Department of Family & Community Medicine, Baylor College of Medicine, Texas mengatakan mengupil bisa menyebabkan abrasi dan pendarahan pada lubang hidung.

Ini tidak seberapa berbahaya tetapi saat tangan dalam kondisi kotor maka bisa timbul infeksi.

"Anda punya bakteri di balik kuku jari dan saat Anda mengupil, sejumlah bakteri bisa masuk dan meningkatkan risiko infeksi," jelas Sulapas melansir dari The Healthy (21/8).


Upil hidung kadang menganggu dan perlu dibersihkan. Upil hidung yang kering kadang berisiko saat diambil sehingga pertimbangkan untuk menggunakan pelembap udara (air humidifier) sehingga melembapkan hidung dan memudahkan mengeluarkan upil. Selain itu, Anda juga bisa membersihkan upil hidung saat mandi sehingga hidung bisa bersih sepanjang siang dan jelang tidur. (els/chs)