5 Cara Mudah Tingkatkan Suasana Hati Saat Alami Stres

Tim, CNN Indonesia | Senin, 21/10/2019 08:20 WIB
5 Cara Mudah Tingkatkan Suasana Hati Saat Alami Stres Ilustrasi. Jalan di tengah taman kota menjadi cara efektif tingkatkan rasa bahagia. (Foto: ANTARA FOTO/Andika Wahyu)
Jakarta, CNN Indonesia -- Uang, pekerjaan, dan kesehatan yang menurun, dinilai menjadi tiga hal utama yang menyebabkan kaum millenial mudah merasakan stres. Stres umumnya ditandai dengan perasaan gelisah, merasa kewalahan dengan pekerjaan, sulit konsentrasi, perubahan pola makan, mudah tersinggung, hingga sulit tidur.

Ada sejumlah cara yang dapat dilakukan untuk mengurangi stres sehingga tidak sampai berujung pada depresi. Sebuah penelitian yang diterbitkan oleh The Wildlife Trust pada 10 Oktober lalu menemukan, kedekatan dengan alam dapat meningkatkan suasana hati atau rasa bahagia pada orang-orang yang kini mengalami kesehatan mental yang buruk.

Mengutip Metro UK, berikut cara alam mengembalikan kesehatan mental di tengah pikiran yang sedang kalut.


Tanaman di meja kerja

Sebuah penelitian 2015 dalam NCBI menemukan interaksi dengan tanaman indoor dapat mengurangi stres psikologis dan fisiologis dengan cara menekan aktivitas sistem syaraf otonom pada orang dewasa muda.

"Sembilan puluh persen responden mengatakan memiliki suasana hati yang lebih baik hanya dengan berada di sekitar tanaman. Itu menjadi bukti bahwa akses ke ruang hijau berdampak baik bagi kesehatan mental kita," papar peneliti.

Untuk mendapatkan manfaat baik tersebut, peneliti menyarankan untuk menghadirkan tanaman pada meja kerja. Beberapa tanaman hias seperti bamboo, aloe vera, atau devil's ivy dapat bertahan baik di ruangan yang minim cahaya atau rendah air seperti kubikel kantor.

Berjalan kaki selama 20 menit

Menghabiskan waktu sekitar 20-30 menit untuk berjalan kaki di tengah pepohonan rindang dapat mengurangi kadar hormon stres kortisol di dalam tubuh sebesar 10 persen.

Namun, bila kesibukan membuat Anda tidak memiliki kesempatan untuk berjalan kaki di tengah pepohonan, duduk selama 10 menit di sebuah taman kecil juga memiliki efek yang sangat baik bagi suasana hati di tengah tekanan selama jam kerja.

Makan siang di luar

Menurut pemimpin studi Dr Mary Carol Hunter, sejumlah pekerja kantor mungkin sulit untuk menemukan taman. Namun, tanpa harus ke taman, menikmati makan siang di luar kubikel, secara psikologis sudah mampu membuat Anda keluar dari ketegangan dan merasakan kebebasan.

Walau itu tak Anda sadari, namun menghabiskan waktu istirahat dengan layak dapat menurunkan ketegangan pada otot dan saraf yang pada akhirnya dapat membantu meningkatkan suasana hati.

Olahraga

Aktif secara fisik seperti pada saat berolahraga dapat meningkatkan hormon bahagia dan menurunkan kadar hormon stres. Manfaat ini dapat Anda rasakan saat berolahraga di gym, namun lebih besar dua kali lipat saat Anda melakukannya di tengah pepohonan rindang seperti di taman kota.

"Berolahraga dapat menjadi cara menyalurkan pikiran negatif secara positif dengan berbagai cara, termasuk meningkatkan interaksi sosial," papar peneliti.

Lembaga layanan kesehatan di Inggris NHS juga menyatakan, dengan aktif secara fisik dapat meningkatkan suasana hati, mengurangi stres dan kecemasan, mendorong pelepasan endorfin, dan meningkatkan penghargaan terhadap diri sendiri.

Glamping

Rencanakan liburan akhir pekan untuk camping dan menikmati alam. Bila camping tidak ada dalam 'kamus' Anda, cobalah glamping.

Glamping atau glamour camping merupakan lokasi camping di tengah alam namun memiliki fasilitas memadai layaknya penginapan berbintang. Anda akan tinggal di tenda dengan fasilitas modern namun tetap menyatu dengan alam. (ayk/ayk)