Cara Christian Sugiono dan Titi Kamal Ajak Anak Hidup Bersih

Tim, CNN Indonesia | Rabu, 16/10/2019 20:10 WIB
Cara Christian Sugiono dan Titi Kamal Ajak Anak Hidup Bersih Christian Sugiono dan Titi Kamal saat memperingati Hari Cuci Tangan Sedunia di SDN 01 Menteng, Jakarta, Selasa (15/10). (Foto: CNN Indonesia/Puput Tripeni Juniman)
Jakarta, CNN Indonesia -- Artis Christian Sugiono dan Titi Kamal menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat pada keluarga kecil mereka. Christian dan Titi mulai mengajarkan kedua anak mereka, Arjuna dan Kai gaya hidup sehat di mulai dengan cara-cara yang sederhana.

"Sangat penting menanamkan fondasi hidup bersih dan sehat sejak dini pada anak. Kuncinya ada pada kerja sama yang baik antara ayah dan ibu," kata Christian saat memperingati hari Cuci Tangan Sedunia yang digelar Lifebouy di Jakarta, Selasa (15/10).

Christian dan Titi mengaku mengajarkan anak gaya hidup bersih dengan cara yang paling sederhana yakni rutin mencuci tangan. Titi menyebut membiasakan anak sulung mereka, Arjuna mencuci tangan dengan sabun sebelum dan setelah makan setelah dan setelah dari kamar kecil.



Titi juga mengajarkan untuk mencuci tangan setelah beraktivitas di luar ruangan. Agar lebih efektif, Titi mengajarkan Kai dengan menggunakan buku, lagu, dan juga video.

"Aku kasih lihat buku atau tayangan tentang kuman. Jadi, dia tahu agar terhindar harus bersihkan tubuh dan cuci tangan pakai sabun," ungkap Titi.

Supaya kegiatan mencuci tangan lebih menyenangkan, Christian berinisiatif mengubah wastafel menjadi tempat yang lebih menarik. Wastafel diberi dekorasi dan hiasan serta permainan yang membuat anak-anak mau mencuci tangan.


"Kami sediakan juga bangku kecil supaya Kai bisa menjangkau wastafel yang posisinya lebih tinggi," ujar Christian. (ptj/ayk)


BACA JUGA