FOTO: Jakarta, Starling, dan Kopi Seduh Gelas Plastik

Bisma Septalisma, CNN Indonesia | Kamis, 17/10/2019 15:17 WIB

Jakarta, CNN Indonesia -- Setiap harinya suntikan kafein jadi kebutuhan utama banyak orang. Bagi mereka yang enggan merogoh kocek dalam, penjaja kopi starling bak dewa penyelamat.

Setiap tahunnya di bulan Oktober, tepatnya pada 1 Oktober diperingati sebagai Hari Kopi Sedunia. (CNN Indonesia/Bisma Septalisma)
Tak terkecuali di Indonesia, tren menikmati kopi tidak terlepas dari keberadaan pedagang kopi keliling atau yang kerap disebut starling. (CNN Indonesia/Bisma Septalisma)
Salah seorang pedagang kopi keliling, Abdul Rosyid mengaku, telah menjajakan kopi sejak  1985. Hingga kini, pria yang tinggal di Senen, Jakarta Pusat ini telah memiliki belasan anak buah. (CNN Indonesia/Bisma Septalisma)
Para pedagang kopi keliling menggunakan sepeda untuk menjajakan dagangannya. Ragam dagangan dari minuman kemasan, makanan ringan, lengkap dengan termos air panas menjadi ciri khas dari penampilan para pedagang kopi keliling ini. (CNN Indonesia/Bisma Septalisma)
Biasanya pedagang starling ini menjajakan dagangannya di taman, daerah perkantoran, dan juga wilayah perkampungan di sekitar Jakarta. (CNN Indonesia/Bisma Septalisma)
Seorang pedagang kopi keliling bisa meraup keuntungan sekitar 300 ribu rupiah hingga 500 ribu rupiah per harinya, yang kemudian digunakan untuk berbelanja keperluan dagang keesokan harinya. (CNN Indonesia/Bisma Septalisma)
Rahman, salah satu pedagang kopi yang sudah 18 tahun menetap di Jakarta mengatakan, ia bisa mendapatkan omzet hingga 4 juta rupiah per bulannya. (CNN Indonesia/Bisma Septalisma)
Berbeda dengan yang biasa disajikan di kedai kopi kekinian dengan harga mencapai Rp50 ribu-100 rib, di tangan pedagang kopi keliling  pembeli  cukup merogoh kocek Rp3 ribu-5 ribu saja untuk segelas kopi dalam gelas plastik air kemasan. (CNN Indonesia/Bisma Septalisma)
Riki, pedagang asal Madura mengatakan, suatu hari ia bermimpi untuk membuka sebuah warung kopi sendiri di Jakarta. Selain mengembangkan keahliannya berdagang kopi, ia juga ingin membuka lapangan pekerjaan bagi orang lain yang membutuhkan. (CNN Indonesia/Bisma Septalisma)
Mayoritas pedagang kopi di kawasan Senen, Jakarta Pusat ini berasal dari daerah Madura, Jawa Timur. (CNN Indonesia/Bisma Septalisma)
Pedagang kopi keliling menyajikan dagangannya di kawasan Menteng. Selain kopi para penjaja kopi keliling yang biasa disebut starling ini juga menjual minuman kemasan, rokok, dan beberapa makanan ringan. (CNN Indonesia/Bisma Septalisma)
Pedagang kopi keliling atau starling ini menjadi alternatif pilihan ngopi yang murah meriah bagi mereka yang ingin dapat suntikan kafein kopi dengan harga murah. (CNN Indonesia/Bisma Septalisma)