Seluncuran Air Terpanjang di Dunia Hadir di Malaysia

CNN Indonesia | Jumat, 18/10/2019 15:35 WIB
Seluncuran Air Terpanjang di Dunia Hadir di Malaysia Seluncuran air di ESCAPE. Penang, Malaysia. (SADIQ ASYRAF / AFP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Ada wahana permainan baru di Malaysia, yaitu seluncuran air sepanjang 1.111 meter yang kini memegang predikat sebagai seluncuran air terpanjang di dunia.

Seluncuran air berbentuk mirip liukan ular itu membentang di taman bermain ESCAPE yang berada di Penang.

Panjangnya wahana permainan ini memecahkan rekor yang sebelumnya dipegang oleh taman bermain Action Park di Vernon, New Jersey.



Berbeda dengan seluncuran di New Jersey, yang versi tiup, seluncuran air di ESCAPE terbuat dari polimer yang diperkuat serat dan merupakan struktur permanen yang melekat pada tiang baja.

"Memecahkan rekor dunia sebenarnya bukanlah tujuan kami," kata Sim Choo Kheng, CEO operator ESCAPE, Sim Leisure Group, seperti yang dikutip dari CNN Travel pada Jumat (18/10).

"Sebenarnya saya hanya ingin membuat seluncuran air dengan sensasi meluncur yang bisa bertahan beberapa menit, tidak seperti yang sudah ada dan berdurasi pendek," lanjutnya.


Seluncuran air ESCAPE berdurasi empat menit dengan medan berkelok-kelok menuruni lereng setinggi 70 meter serta menembus hutan belantara.

Tak perlu naik tangga untuk bisa naik wahana ini, karena pengelola taman menyediakan lift.

Pulau Penang, yang terletak di lepas pantai barat Malaysia, selama ini dikenal sebagai destinasi wisata budaya dan kuliner. ESCAPE merupakan taman bermain pertama di sini.

George Town, kota utama di pulau itu, memiliki daya tarik utama berupa perpaduan budaya yang penuh warna, yang mencakup kuil-kuil Hindu dan Buddha, seni jalanan, masjid, arsitektur kolonial Inggris, dan rumah-rumah bangsawan China yang penuh hiasan.

Penang juga dianggap sebagai salah satu destinasi wisata kuliner utama di dunia, berkat kehadiran masakan Melayu, China, dan India yang lezat yang mencakup hidangan seperti Hokkien mee (mie udang goreng) dan laksa Penang.

ESCAPE berjarak sekitar 30 menit dari George Town dan menawarkan berbagai kegiatan wisata petualangan termasuk seluncuran air, zipline, dan kursus rintangan.

Tiket masuk ke taman bermain ini mulai dari Rp477 ribu per orang.

(ard/ard)