7 Objek Wisata 'Andalan' di Bojonegoro

agr, CNN Indonesia | Minggu, 20/10/2019 15:29 WIB
7 Objek Wisata 'Andalan' di Bojonegoro Suasana penambangan minyak rakyat di Wonocolo, Bojonegoro. (ANTARA FOTO/Zabur Karuru)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kabupaten Bojonegoro merayakan hari jadinya setiap tanggal 20 Oktober, tanggal ini diambil peristiwa dari diubahnya status kadipaten menjadi kabupaten pada tahun 1677, dengan Bupati Pangeran Mas Toemapel.

Kondisi topografi Bojonegoro didominasi oleh tanah berbukit di sebelah selatan dan utara. Dua kawasan pegunungan kapur ini mengapit daerah pertanian subur, yang berada di sepanjang aliran Bengawan Solo.

Hal tersebut membuat Bojonegoro dianugerahi banyak objek wisata yang bisa dikunjungi. Namun untuk memulainya berikut tujuh objek wisata yang wajib dikunjungi oleh wisatawan, khususnya mereka yang baru datang ke tempat ini pertama kali.

Air Terjun Kedung Maor
Air terjun ini terletak di tengah hutan jati yang rimbun, sekitar 40 km ke arah selatan dari Kota Bojonegoro atau sekitar satu jam perjalanan dengan kendaraan bermotor. Tapi tak usah takut tersasar karena penunjuk arah ke tempat ini cukup jelas.


Kedung Maor memiliki panorama deretan tebing yang cukup luas, dengan air kolam berwarna kehijauan sedalam tujuh meter.
[Gambas:Instagram]

Grojogan Pucangarum
Akses jalan menuju ke lokasi Grojogan Pucangarum terbilang cukup menantang, karena kontur tanahnya menanjak dan tidak bisa dilewati kendaraan roda empat.

Dari lokasi parkir kendaraan, pengunjung harus berjalan kaki sejauh empat kilometer sebelum memasuki kawasan hutan.

Teksas Wonocolo
Objek wisata edukasi ini memberi pengetahuan bagi pengunjung tentang pengeboran minyak secara tradisional, yang sudah lama berlangsung di Wonocolo.

Teksas adalah akronim dari Tekad Selalu Aman dan Sejahtera. Layaknya Texas di Amerika Serikat, di tempat ini ada sekitar 250 sumur bor minyak bumi yang sudah tidak aktif.
[Gambas:Instagram]

Sendang Grogolan
Aliran air yang jernih dari sumber mata air alami, merupakan daya tarik objek wisata yang terletak di Desa Ngunut, Kecamatan Dander.

Selain itu, lingkungan di sekelilingnya terbilang masih asri dan teduh sehingga membuat pengunjung merasa betah untuk menghabiskan waktu di sini.
[Gambas:Instagram]

Watu Gandul
Daya tarik utama Watu Gandul yang terletak di Desa Sambongrejo, Kecamatan Gondang, adalah deretan batu andesit berukuran raksasa, yang tertata rapi dengan bentuk artistik.

Selain itu akses jalan menuju Watu Gandul yang cukup ekstrem, membuat sebagian orang penasaran untuk menaklukkannya dengan motor trail.
[Gambas:Instagram]

Bukit Tono
Bukit Tono menyajikan spot foto yang mempesona dengan lingkungan yang cukup asri. Selain atraksi alam, saat ini sedang dipersiapkan taman bunga dan camping ground demi fasilitas pengunjung yang lebih lengkap.
[Gambas:Instagram]

Air Terjun Kedung Gupit
Air terjun setinggi delapan meter ini tersembunyi di balik bukit yang berada di antara Desa Krondonan dan Desa Gayam, sekitar 50 km dari Kota Bojonegoro.

Tapi untuk jalur paling mudah, cobalah lewati Desa Kondonan kemudian lanjutkan berjalan kaki sejauh satu kilometer melalui jalan setapak.

[Gambas:Video CNN]

(agr)