Ma'ruf Amin 'Tanggalkan' Sarung di Pelantikan Presiden 2019

Tim, CNN Indonesia | Minggu, 20/10/2019 14:37 WIB
Ma'ruf Amin 'Tanggalkan' Sarung di Pelantikan Presiden 2019 Wakil Presiden terpilih Ma'ruf Amin sebelum mengikuti upacara pelantikan Presiden dan Wakil Presiden periode 2019-2024 di Jakarta, Minggu (20/10/2019). (Foto: ANTARA FOTO/Nova Wahyudi)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sebelum menuju ke Gedung MPR/DPR RI untuk menghadiri Pelantikan Presiden 2019 Minggu (20/10), Wakil Presiden terpilih Ma'ruf Amin memberikan pidato disertai doa singkat di kediamannya di kawasan Menteng, Jakarta Pusat.

Ada yang berbeda dari tampilan Ma'ruf siang ini. Bila biasanya ia identik dengan penampilan sarung, kini ia tampil dengan setelan jas dan celana panjang berwarna hitam, dilengkapi dengan kemeja putih serta dasi berwarna merah.

Ini merupakan penampilan ketiga Ma'ruf tanpa pakai sarung. Sebelumnya, Ma'ruf juga terlihat tidak sarungan saat hadir pada sesi kedua Siang Tahunan MPR 2019 pada Agustus lalu. Kala itu, Ma'ruf tampil dengan setelan beskap hitam dengan lilitan kain batik berwarna kuning. Pakaian serupa juga ia kenakan saat menghadiri upacara HUT ke-74 RI di istana, ia mengenakan beskap dengan lilitan kain berwarna merah marun dan emas.



Sekitar sebulan sebelum Pelantikan Presiden 2019, Ma'ruf sempat mengatakan kalau ia belum memutuskan akan mengenakan celana atau sarung saat bertugas sebagai wapres. Selama ini Ma'ruf memang terkenal dengan penampilan khasnya, yaitu mengenakan setelah jas dan sarung.

"Karena saya sudah pakai sarung ya nyaman. Tapi jika harus pakai celana juga bisa, siap, jadi pakai apa saja siap," katanya usai bertemu Jusuf Kalla di kantor wapres, Jakarta, Kamis (4/7) lalu.

Mendampingi Ma'ruf, sang istri Wury Estu Handayani terlihat berada di sisi Ma'ruf kala menyampaikan pidato. Wury mengenakan kebaya berwarna putih, bawahan kain batik, dan jilbab hijau pastel.


Usai menyampaikan pidato dan doa, keduanya menaiki mobil menuju ke gedung MPR/DPR RI untuk menjalani prosesi Pelantikan Presiden 2019.

Saat tiba di gedung MPR/DPR, Ma'ruf langsung disambut oleh Sekjen MPR Ma'ruf Cahyono. Ma'ruf Amin tak memberikan satu patah kata saat tiba. Ia langsung diarahkan untuk masuk menuju Gedung Nusantara atau Gedung 'Kura-kura' tempat nantinya ia bersama Jokowi dilantik sebagai Presiden dan Wakil Presiden 2019-2014.


[Gambas:Video CNN] (ayk/ayk)


ARTIKEL TERKAIT