Mengenal Manfaat Retinol pada Skincare

Tim, CNN Indonesia | Selasa, 05/11/2019 06:21 WIB
Mengenal Manfaat Retinol pada Skincare Ilustrasi. Retinol menjadi kandungan yang paling banyak dijumpai di sejumlah skincare. (Istockphoto/EdwardDerule)
Jakarta, CNN Indonesia -- Retinol merupakan salah satu kandungan yang banyak dijumpai dalam skincare. Retinol terkenal lantaran ia dianggap ampuh melembutkan kulit.

Benarkah demikian?

Retinol yang terdapat pada produk perawatan kulit merupakan molekul atau bagian terkecil dari senyawa anti-penuaan, turunan dari vitamin A. Molekul ini membantu pembaruan kulit, mengurangi garis keriput, dan bintik-bintik penuaan.


Retinol membantu meningkatkan fungsi kolagen yang cenderung terus menurun seiring bertambahnya usia. Memasuki usia 30 tahun, regenerasi kulit manusia bakal melambat.

"Retinol merangsang produksi pembuluh darah baru di kulit, meningkatkan pergantian sel dan memperbaiki warna kulit yang tidak rata," kata dokter ahli kulit Sarah Shah, dikutip dari Metro.

Retinol pada skincare juga dapat digunakan untuk membasmi jerawat, hiperpigmentasi, kulit kering, dan kulit kasar.

Manfaat dari retinol akan dirasakan jika diaplikasikan saat malam hari setelah membersihkan wajah. Pasalnya, turunan vitamin A itu bakal kehilangan efeknya jika terkena sinar matahari.

Di siang hari, retinol juga membuat kulit lebih sensitif terhadap UVA dan UVB, karena sel-sel baru bakal terbakar. Jika ingin menggunakannya di siang hari, lapisi skincare dengan SPF.

Retinol disarankan digunakan pada usia pertengahan 20 tahun. Pada usia ini, penggunaan retinol akan memberikan banyak manfaat, mulai dari mengurangi jerawat dan peradangan serta menangkal garis-garis halus dan kerutan.

Hasil penggunaan retinol tak akan terlihat secara instan. Manfaat retinol baru terlihat setelah penggunaan yang konsisten selama tiga bulan atau lebih.

Mulai lah dengan konsentrasi retinol yang rendah yakni 0,1 persen untuk melihat reaksi kulit, terutama pada kulit yang sensitif. Gunakan dua kali dalam sepekan.

Jika cocok, konsentrasi retinol pada skincare dan penggunaannya bisa ditingkatkan.

[Gambas:Video CNN] (ptj/asr)