Arti Dasi Merah Jokowi-Ma'ruf saat Pelantikan Presiden 2019

Tim, CNN Indonesia | Minggu, 20/10/2019 17:29 WIB
Arti Dasi Merah Jokowi-Ma'ruf saat Pelantikan Presiden 2019 Presiden Joko Widodo didampingi Ketua MPR Bambang Soesatyo. (Foto: CNN Indonesia/Andry Novelino)
Jakarta, CNN Indonesia -- Presiden dan Wakil Presiden Joko Widodo dan Ma'ruf Amin kompak mengenakan dasi berwarna merah saat acara Pelantikan Presiden 2019 di Gedung DPR/MPR RI, Minggu (20/10).

Dasi merah yang dikenakan saat pelantikan itu bukan hanya sekadar pelengkap busana formal. Ada makna tersirat di balik dasi berwarna merah tersebut.

Dasi merupakan pernyataan penting dari seseorang dalam berbusana. Dasi merah menyala disebut juga sebagai dasi kekuatan atau kekuasaan. Dasi ini menunjukkan sebuah keseriusan, energi, dan kewibawaan.



Dikutip dari Balani Custom, dasi merah adalah adalah penegasan kembali kekuatan, otoritas, dan dominasi dalam dunia profesional, termasuk dunia pemerintahan.

Merah juga dapat ditafsirkan sebagai sesuatu yang mengancam, agresif, tekanan, dan berbahaya.

Selain itu, tingkat warna merah juga dinilai penting. Warna merah gelap seperti merah anggur membangun kepercayaan diri. Sedangkan dasi merah terang atau muda dikaitkan dengan kreativitas. Sedangkan dasi merah muda menandakan solidaritas terhadap perempuan.

Warna merah yang menyala seperti yang dikenakan Jokowi-Ma'ruf menandakan ambisi dan keberanian.

"Jas gelap, kemeja putih, dan dasi merah merupakan kombinasi warna paling kuat yang menggabungkan kontras tinggi dengan energi tinggi dari merah," kata analis warna Browyn Fraser, dikutip dari Executive Style.


Selain itu, dasi berwarna biru yang juga banyak dikenakan para politisi saat pelantikan presiden berarti kepercayaan, ketenangan, kedamaian, kredibilitas, dan konservatif.

[Gambas:Video CNN] (ptj/ayk)