Makna Batik Iriana Jokowi saat Pelantikan Presiden 2019

CNN Indonesia | Minggu, 20/10/2019 16:40 WIB
Makna Batik Iriana Jokowi saat Pelantikan Presiden 2019 Presiden Joko Widodo dan Iriana Jokowi sebelum Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden 2019, Minggu (20/10). (CNN Indonesia/Feri Agus Setyawan)
Jakarta, CNN Indonesia -- Istri Presiden Joko Widodo, Iriana Joko Widodo tampil ayu dengan mengenakan kain batik bermotif 'tambal pamiluto' saat Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden 2019.

Kain batik itu digunakan Iriana untuk bawahan dan selendang yang melingkari baju kurung putihnya.

'Tambal pamiluto' sendiri merupakan motif batik asal Mangkunegaran, Surakarta. Motif itu bermakna tentang sesuatu yang memikat.


Motif ini juga merupakan penyatuan dari beragam corak batik. Corak 'tambal pamiluto' ini menggabungkan motif lain seperti batik parang dan beberapa lainnya. 

"Jadi batik motif 'tambal pamiluto' ini maknanya cukup bagus. Karena dasarnya, motif ini menyatukan berbagai macam motif di dalam satu motif ragam hias," ujar Diana Santosa, dari Yayasan Batik Indonesia, Minggu (20/10), melansir Antara.

Dari batik ini, Diana melihat bahwa Iriana ingin menunjukkan konsep keberagaman yang bersatu padu.

Busana yang dikenakan Iriana saat pelantikan berbeda dengan yang digunakan saat menyambut tamu negara di Istana Merdeka. Saat itu, dia mengenakan busana berkerah cheongsam dengan detail bunga aneka warna di bagian depan. Busana itu hadir lengkap dengan selendang di pundaknya.

Sebagaimana diketahui, Joko Widodo dan Ma'ruf Amin resmi menjabat sebagai Presiden dan Wakil Presiden RI usai dilantik Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) pada Minggu (20/10). Mereka akan memimpin pemerintahan selama periode 2019-2024.

[Gambas:Video CNN] (Antara/asr)