Taman Bermain Monopoli Beri Hadiah Emas Satu Kilogram

CNN Indonesia | Selasa, 22/10/2019 13:01 WIB
Taman Bermain Monopoli Beri Hadiah Emas Satu Kilogram Taman bermain Monopoly Dreams di Hong Kong. (Courtesy of monopolydreams.com)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kawasan Victoria Peak, area pemukiman mewah di Hong Kong, sebentar lagi bakal dihuni oleh Rich Uncle Pennybags alias Mr. Monopoly.

Taman bermain Monopoly Dreams akan resmi dibuka di The Peak pada 26 Oktober mendatang.

"The Peak adalah lahan paling berharga di permainan Monopoli versi Hong Kong ... Itu sebabnya kami memilih tempat ini sebagai lokasi taman bermainnya," kata Gary Chan, kepala operasi Monopoly Dreams, seperti yang dikutip dari CNN Travel pada Senin (21/10).


Dibuat pada tahun 1935, Monopoli adalah salah satu permainan papan paling populer di dunia, tersedia dalam lebih dari 40 bahasa dan dijual dilebih dari 100 negara.


Versi China pertama dari permainan ini diluncurkan pada tahun 1965, disebut 'Choi Yuen Kwong Chun' dan menampilkan properti serta kereta api lokal.

Taman bermain seluas 20 ribu kaki persegi ini adalah kolaborasi antara Hasbro - pemilik lisensi Monopoli - dan perusahaan pengelola taman hiburan Monopoly Dreams.

"Tantangan terbesar adalah bagaimana menghidupkan permainan dua dimensi menjadi pengalaman nyata yang berkesan," kata Chan.

"Karena ini adalah permainan yang sangat populer, kami tidak ingin pengunjung datang untuk merasakan apa yang sudah mereka ketahui. Kami berharap objek wisata ini dapat mengubah permainan papan menjadi pengalaman wisata interaktif yang menyegarkan."

Mr. Monopoly adalah bintang terbaru dari atraksi wisata di Peak. Pengunjung pertama-tama akan naik lift untuk mengakses kediaman rahasia Rich Uncle Pennybags, yang jadi salah satu dari tujuh area di taman.

Taman Bermain Monopoli Beri Hadiah Emas Satu KilogramTaman bermain Monopoly Dreams ingin setiap pengunjung membawa pulang hadiah. (Courtesy of monopolydreams.com)

Rumah itu menampilkan koleksi langka Monopoly serta mobil balap antik Mr. Monopoly.

Setelah berjalan melewati Pass Go, pengunjung berjalan masuk ke sebuah terowongan berhiaskan neon lalu tiba di kota Monopoly.

Wahana permainan di Monopoly Dreams dikemas dengan semua elemen permainan Monopoli klasik seperti 'Penjara', 'Perusahaan Air' dan 'Perusahaan Listrik'.

Di 'Bank' misalnya, pengunjung dapat menangkap kupon tunai Monopoli, yang dapat mereka belanjakan di toko suvenir dan kafe taman.

Lalu di 'Stasiun Kereta Api' menampilkan bioskop 4D yang memutar film pendek tentang petualangan Mr. Monopoly dan anjingnya.

Sedangkan di 'Kesempatan', pengunjung dapat memutar roda hadiah untuk memenangkan tiket pesawat kelas bisnis hingga kupon makanan.

Hadiah yang paling berharga adalah emas murni satu kilogram.


Taman Bermain Monopoli Beri Hadiah Emas Satu KilogramRumah Rich Uncle Pennybags alias Mr. Monopoly. (Courtesy of monopolydreams.com)

"Idenya adalah bahwa tidak ada pemain yang pulang dengan tangan kosong - itu sebenarnya gagasan asli permainan Monopoli," kata Li.

Selain gantungan kunci dan mug, toko suvenir juga menyediakan beragam permainan Monopoli edisi khusus.

Kafe Monopoly, sementara itu, melayani berbagai makanan ringan khas Asia termasuk dimsum.

Tidak bisa ke Hong Kong? Sepertinya Monopoly Dreams memiliki rencana untuk membuka cabang di negara lain.

Perwakilan mengatakan kepada CNN Travel bahwa mereka sudah mulai mencari lokasi yang cocok di Melbourne, Australia, untuk cabang Monopoly Dreams.

Monopoly Dreams berlokasi di Shop 301, 3/F, Peak Galleria, 118 Peak Road, The Peak, Hong Kong.

Taman bermain ini buka setiap hari mulai pukul 10.00 sampai 22.00. Harga tiket masuknya mulai dari Rp260 ribu per orang.

(ard/ard)