Tanda dan Gejala Menopause Awal pada Wanita

Tim, CNN Indonesia | Senin, 21/10/2019 13:37 WIB
Tanda dan Gejala Menopause Awal pada Wanita Ilustrasi. Deteksi dini menopause dapat dilakukan dengan mengenali beberapa tanda menopause awal pada wanita. (DieterRobbins/Pixabay)
Jakarta, CNN Indonesia -- Menopause umumnya menghampiri wanita pada akhir usia 40-50 tahun. Namun, deteksi dini dapat dilakukan dengan mengenal beberapa tanda menopause awal pada wanita.

Menopause merupakan waktu berakhirnya menstruasi pada wanita. Menopause dini atau yang dikenal pula dengan istilah menopause prematur umumnya terjadi sebelum usia 40 tahun.

Menopause dini dapat disebabkan oleh sejumlah hal. Beberapa yang memengaruhi di antaranya kegagalan ovarium prematur, kerusakan ovarium akibat kemoterapi atau radiasi, operasi pengangkatan ovarium, dan faktor genetik.


Kegagalan ovarium prematur diperkirakan terjadi pada 1 per 1.000 wanita berusia 15-29 tahun dan 1 dari 100 wanita berusia 30-39 tahun. Kondisi ini dipicu oleh sejumlah faktor risiko seperti genetik, penyakit autoimun, penyakit tiroid, infeksi virus, gangguan hormon, dan gangguan makan.

Beberapa gejala menjadi tanda menopause awal pada wanita. Berikut mengutip situs National Health Service (NHS) Inggris:
- memerah dan merasa panas di wajah, leher, dan dada
- keringat malam
- kekeringan vagina dan ketidaknyamanan saat berhubungan seks
- sulit tidur dan mudah lelah
- suasana hati menurun atau kecemasan
- berkurangnya gairah seks (libido)
- masalah memori dan konsentrasi
- sakit kepala
- palpitasi atau peningkatan detak jantung
- sendi kaku, nyeri, dan massa otot berkurang
- infeksi saluran kemih.

Menopause dini dapat berujung pada komplikasi infertilitas dan peningkatan risiko osteoporosis serta kardiovaskular karena kadar hormon estrogen yang menurun.

Menopause dapat didiagnosis setelah 12 bulan atau satu tahun tidak mengalami menstruasi.

Hingga saat ini belum ada pengobatan yang dapat mencegah menopause dini. Terapi hormon dan perawatan lain dapat membantu meringankan gejala dan tanda menopause awal pada wanita.

[Gambas:Video CNN] (ptj/asr)