Kaka dan Ridho 'Slank' Tutup Festival Raja Ampat

CNN Indonesia | Selasa, 22/10/2019 16:40 WIB
Kaka dan Ridho 'Slank' Tutup Festival Raja Ampat Pemandangan matahari terbit di Raja Ampat, Papua Barat. (AFP PHOTO / GOH CHAI HIN)
Jakarta, CNN Indonesia -- Wakil Gubernur Papua Barat Mohamad Lakotani menghadiri sekaligus menutup Festival Bahari Raja Ampat 2019 pada Selasa (22/10) sore waktu setempat. Festival ini sudah berlangsung selama lima hari yang dimulai pada Jumat (18/10).

Penutupan ditandai dengan pemukulan tifa bersama dengan Bupati Raja Ampat, Abdul Faris Umlati dan Wakil Bupati Raja Ampat, Manuel P Urbinas.

"Terima kasih kepada wisatawan domestik dan luar negeri, semoga berkesan dan bisa membantu promosi di daerah dan negara asal. Jangan takut Raja Ampat ini damai, masyarakatnya ramah-ramah," kata Mohamad Lakotani di Waisai Torang Cinta (WTC), Raja Ampat, Selasa (22/10).



Ketua Panitia Festival Bahari Raja Ampat 2019, Udin Umalele menyatakan bahwa acara ini berhasil mendatangkan 600 wisatawan domestik dan luar negeri.

Festival ini pun memberikan dampak ekonomi bagi masyarakat lokal dan pelaku ekonomi Raja Ampat, bahkan ia menyatakan keuntungan yang didapatkan menyentuh total Rp1,61 miliar.

Penutupan Festival Bahari Raja Ampat juga dimeriahkan oleh penampilan kesenian masyarakat lokal serta penampilan utama dari Kaka dan Ridho dari band Slank.

Selama lima hari festival berlangsung, wisatawan yang ikut festival diajak mengelilingi destinasi wisata di Raja Ampat seperti Kampung Lopintol, Kalibiru, Pantai Friwen, Kampung Saukabu, Kampung Sauwandarek, Pasir Timbul dan Geopark Pianemo.

Tidak hanya menikmati keindahan bahari Raja Ampat, wisatawan juga melihat dan merasakan langsung kesenian dan kebudayaan masyarakat lokal.


Festival Bahari Raja Ampat ini merupakan salah satu Top 100 Calendar of Event dari Kementerian Pariwisata.

Tahun ini festival digelar ke-tujuh kalinya. Setiap tahunnya wisata bahari, budaya dan kuliner khas Raja Ampat, disajikan sebagai suguhan utama.

Parade perahu hias serta tur diving dan snorkeling menjadi kegiatan utama selama penyelenggaraan.

Festival ini diharapkan dapat menjadi daya tarik bagi wisatawan lokal maupun internasional.


[Gambas:Video CNN]

(auz/ard)