Jakarta Fashion Week 2020

Persembahan Jepang dan Korea Selatan untuk JFW 2020

Tim, CNN Indonesia | Selasa, 22/10/2019 19:39 WIB
Persembahan Jepang dan Korea Selatan untuk JFW 2020 Desainer asal Jepang dan Korea Selatan turut memamerkan koleksinya pada gelaran Jakarta Fashion Week 2020 di Senayan City, Jakarta, Selasa (22/10). (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Jakarta, CNN Indonesia -- Tak hanya desainer lokal, desainer dari Asia Timur ikut menyemarakkan Jakarta Fashion Week 2020 (JFW). Lima label dan desainer dari dua negara Asia Timur yakni Jepang dan Korea Selatan memeragakan koleksi terbaru mereka di hari pertama gelaran JFW 2020 di Senayan City, Selasa (22/10).

Japan Fashion Week Organization menghadirkan tiga label yang tergabung dalam show Rakuten Fashion Week Tokyo. Tiga label itu adalah Rieka Inoue Gnu, Yoakeh, dan Enharmonic Tavern.

Sedangan Negeri Ginseng melalui Korea Creative Content Agency (KOCCA) menghadirkan dua label yakni Seokwoon Yoon dan Setsetset.


Rieka Inoue

Rieka Inoue membuka peragaan busana di Fashion Tent dengan koleksi bertajuk 'Transparent'. Seperti temanya, koleksi ini banyak menggunakan bahan transparan seperti brokat.

Brokat yang biasa digunakan sebagai baju kondangan di Indonesia, berubah menjadi pakaian siap pakai bergaya formal dan kasual. Inoue mengolah brokat menjadi gaun, blazer, luaran, dan celana panjang yang didominasi warna hitam dan putih.

Ada pula beragam model gaun dengan aneka warna. Inoue yang merupakan desainer lulusan fesyen Bunka University ini memang terkenal sebagai perancang gaun.

Yoakeh
Yoakeh merupakan label hijab besutan sutradara Zenta Yoshie yang berdiri sejak 2018. Saat sedang shooting di Indonesia, Yoshie tertarik dengan hijab yang banyak dikenakan perempuan Indonesia. Ketertarikan itu membuat Yoshie menciptakan label modest dengan menanamkan nilai-nilai Jepang dalam setiap koleksinya.

Di JFW 2020, Yoshie memperagakan 24 motif hijab yang identik dengan Jepang. Misalnya, motif lingkaran besar di tengah scarf seperti bendera Jepang. Motif ini terdiri dari warna merah, biru, ungu, dan hitam. Ada pula motif persegi besar dengan beragam warna. Motif garis-garis juga mendominasi koleksi ini.

Gaya busana khas Jepang terlihat dalam koleksi Enharmonic Tavern pada gelaran Jakarta Fashion Week 2020 di Senayan City, Jakarta, Selasa (22/10). (CNN Indonesia/Puput Tripeni Juniman)

Enharmonic Tavern
Gaya busana khas Jepang terlihat dalam koleksi Enharmonic Tavern bertajuk Crossover. Crossover merupakan koleksi Spring/Summer 2020 yang menggabungkan berbagai model dan bahan yang ditujukan untuk semua kalangan.

Kemeja kotak-kotak oversized, celana kargo, celana pendek, jaket gombrong, dan luaran memenuhi koleksi ini. Koleksi ini dominasi warna cokelat, hitam, putih, dan abu-abu.

Seokwoon Yoon
Gaya anak muda yang tengah tren di negara K-Pop itu ditampilkan dalam koleksi Seokwoon Yoon, desainer muda asal Korea Selatan. Label yang bernama sama dengan sang desainer ini merupakan label uniseks.

Di JFW 2020, Yoon memamerkan koleksi Spring/Summer 2020 dengan tema 'Nothing Inside'. Koleksi ini diangkat dari street fashion di Brooklyn.

Kaus, jaket oversized, celana training, jas, celana kargo, dan kemeja saling dipadupadankan satu sama lain. Beragam koleksi tas juga ikut dipamerkan.

Label asal Korea Selatan, Setsetset, hadir memamerkan koleksi Jangwon Flower Ceremony pada gelaran Jakarta Fashion Week 2020, Senayan City, Jakarta, Selasa (22/10). (CNN Indonesia/Andry Novelino)

Setsetset
Label besutan desainer Jang Yoonkyung ini merupakan label fesyen wanita. Di panggung Fashion Atrium, Setsetset memperagakan koleksi Jangwon Flower Ceremony. Koleksi ini terinspirasi dari bendera tradisional Korea dan prosesi pemberian mahkota bunga.

Corak floral itu menghiasi seluruh koleksi Setsetset dalam berbagai warna yang menyala. Motif itu diaplikasikan dalam bahan print dan kulit.

Koleksi berupa atasan, gaun, rok, celana dipadukan dengan sepatu wedges senada.


[Gambas:Video CNN] (ptj/asr)