Gusti Bintang Darmavati, dari Tenis Meja ke Menteri PPPA

tim, CNN Indonesia | Rabu, 23/10/2019 11:19 WIB
Gusti Bintang Darmavati, dari Tenis Meja ke Menteri PPPA I Gusti Ayu Bintang Darmavati ditunjuk Presiden Jokowi menjadi Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA).(CNN Indonesia/ Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia -- I Gusti Ayu Bintang Darmavati ditunjuk Presiden Jokowi menjadi Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA). Jokowi resmi mengumumkan I Gusti Ayu masuk Kabinet Indonesia Maju periode 2019-2024 di Istana Negara pada Rabu (23/10). 

Menduduki posisi ini, Bintang akan menggantikan Yohana Yembise.

I Gusti Ayu Bintang Darmavati ini dikenal juga sebagai I Gusti Ayu Bintang Puspayoga dan sering dipanggil sebagai Bintang Puspayoga.

Bintang Puspayoga adalah istri dari Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga, Menteri Koperasi dan UKM Republik Indonesia untuk periode 2014-2019. Mengutip berbagai sumber, perempuan berusia 51 tahun ini dikenal sebagai atlet tenis meja di antara perkumpulan istri-istri menteri saat itu.


Kecintaannya pada tenis meja ini membuat Bintang pernah dipercaya sebagai Ketua Umum Persatuan Tenis Meja Seluruh Indonesia (PTMSI) Bali di 2010-2014 lalu.

Tenis meja diklaim sebagai hobi sejak masa muda. I Gusti Ayu Bintang Darmavati yang hadir ke Istana Negara menggunakan batik berkerah cheongsam berwarna silver ini pernah menjuarai Kejuaraan Tenis Meja PB Perwosi pada Oktober 2010 di GOR Sumantri Brojonegoro.

Bintang Darmavati lahir di Bali pada 24 November 1968. Selama masa aktif suaminya menjadi Menteri Koperasi dan UKM, Bintang aktif di Dharma Wanita Persatuan Kementerian Koperasi dan UKM. Dia pun dipercaya untuk menjadi penasehat Dharma Wanita di kementerian tersebut.

Perempuan 51 tahun ini juga menjadi Ketua Bidang Manajemen Usaha Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) dan Ketua Bidang II Penggerak PKK serta Ketua Bidang Peningkatan Kualitas Keluarga Besar Organisasi Aksi Solidaritas (OASE) Kabinet Kerja.

Wanita lulusan Universitas Ngurah Rai itu juga menjabat Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Setda Kota Denpasar. Untuk mendapatkan posisi Asisten II ini, Bintang bersaing dengan 24 pelamar lainnya. Saat itu dia menduduki ranking untuk posisi jabatan tersebut dengan nilai 88,99.



(chs)