Jakarta Fashion Week 2020

FOTO: Pesan 'Cinta' Oscar Lawalata dan Chitra Subyakto

CNN Indonesia/Andry Novelino, CNN Indonesia | Rabu, 23/10/2019 15:16 WIB

Jakarta, CNN Indonesia -- Oscar Lawalata dan Chitra Subyakto berbagi panggung dalam ajang JFW 2020. Melalui sehelai kain, keduanya bernarasi tentang 'cinta' untuk dua hal yang berbeda.

Peragaan busana desainer Oscar Lawalata dan label Sejauh Mata Memandang besutan Chitra Subyakto menjadi penampilan pamungkas pada hari pertama ajang Jakarta Fashion Week (JFW) 2020 di Senayan City, Jakarta, Selasa (22/10) malam. (CNN Indonesia/ Andry Novelino)
Setelah vakum dari panggung mode selama beberapa tahun terakhir, Oscar kembali membuktikan tajinya di atas panggung JFW 2020 dengan koleksi bertajuk 'I Am Indonesian The Future: Aku dan Kain'. (CNN Indonesia/ Andry Novelino)
Tak sekadar busana, koleksi ini sarat akan pesan cinta terhadap keragaman budaya yang dimiliki Indonesia. Narasi itu disampaikan Oscar melalui koleksi wastra Nusantara yang ditampilkan. (CNN Indonesia/ Andry Novelino)
Sebanyak 48 look ditampilkan dengan mengejawantahkan wastra Nusantara ke dalam bentuk mode kontemporer. (CNN Indonesia/ Andry Novelino)
Kain lurik, batik, songket, dan tenun tak lagi kaku. Mereka menjelma outer, jumpsuit, serta ragam potongan lain yang lebih kasual dan modern. (CNN Indonesia/ Andry Novelino)
Palet warna Bumi yang didominasi cokelat dan turunannya mewarnai ragam koleksi teranyar Oscar ini. (CNN Indonesia/ Andry Novelino)
Beberapa busana tampaknya sengaja tak melalui proses cutting yang rumit. Dengan cara itu, tampilan tak hanya terlihat modern, tapi juga edgy. (CNN Indonesia/ Andry Novelino)
Pada ajang JFW 2020, Oscar tampil satu panggung bersama desainer Citra Subiakto dengan label Sejauh Mata Memandang pada sesi Pesona Sisterhood Runway. Keduanya sama-sama memberikan pesan tentang 'cinta', namun dengan cara yang berbeda. (CNN Indonesia/ Andry Novelino)
Jika Oscar menggagas rasa cintanya terhadap keragaman budaya Nusantara, lebih jauh, Chitra menyematkan rasa cintanya untuk Bumi. Pesan tentang pentingnya menjaga kelestarian alam dari ancaman kerusakan Bumi tersirat dalam koleksi Sejauh kali ini. (CNN Indonesia/ Andry Novelino)
Narasi itu, misalnya, tersirat dalam konsep kain daur ulang yang dihadirkan Chitra dalam koleksi ini. (CNN Indonesia/ Andry Novelino)
Total sebanyak 24 koleksi diolah dari ragam kain Sejauh yang telah hadir lebih dulu, tapi tak terpakai. (CNN Indonesia/ Andry Novelino)
Tak hanya itu, narasi juga ditampilkan melalui ragam aksesori sebagai pelengkap padu padan. (CNN Indonesia/ Andry Novelino)
Mulai dari tas belanja dengan kalimat 'DARURAT IKLIM' yang tersemat di atasnya, outer bertuliskan 'CINTAI BUMI', hingga masker sebagai bentuk protes atas polusi udara yang menjadi masalah terkini di dunia, tak terkecuali Indonesia. (CNN Indonesia/ Andry Novelino)