Menakar Jumlah Kalori pada Tiap Jenis Kopi

Tim, CNN Indonesia | Jumat, 25/10/2019 06:08 WIB
Menakar Jumlah Kalori pada Tiap Jenis Kopi ilustrasi. Jika kopi susu diracik menggunakan kental manis, maka jumlah kalorinya sebanding dengan satu porsi nasi putih. (Foto: Kaboompics/Pixabay)
Jakarta, CNN Indonesia -- Jika sebelumnya kopi menjadi andalan untuk menghalau ngantuk, kini minum kopi telah menjelma menjadi sebuah gaya hidup. Terlebih lagi dengan semakin banyaknya kedai kopi di seluruh penjuru kota, membuat kegiatan ngopi semakin digandrungi oleh banyak orang, terlebih kawula muda. 

Dengan campuran susu dan gula, kopi 'kekinian' rasanya tak lagi pahit. Menjadi teman 'manis' yang meramaikan obrolan dengan kolega. Namun, terlalu asik menikmati kopi dengan rasa enak, membuat orang kerap melupakan kandungannya.

Beda jenis kopi, maka berbeda pula jumlah kalori yang terkandung di dalamnya. Melansir Asia One, berikut adalah jumlah kalori yang tersimpan dalam beberapa jenis kopi.


1. Kopi hitam

Kopi hitam mengandung paling sedikit kalori ketimbang kopi susu, karena hanya mengandung sari biji kopi dan air. Satu cangkir kopi hitam hanya mengandung sekitar 5 kalori. Kopi ini juga menyediakan manfaat terbaik dari kopi karena tidak ada tambahan krim, susu, atau gula.

2. Latte

Latte biasanya terbut dari double shot espresso, susu steam, dan micro foam. Latte berukuran sedang tanpa tambahan gula memiliki sekitar 120 kalori. Namun jika ditambah dengan gula, maka Anda juga menambahkan sekitar 16 kalori pada setiap sendok teh gula. Sedangkan satu cangkir latte yang manis bisa mengandung 2 sendok teh gula sehingga mengandung 152 kalori. Lebih besar dari kalori satu porsi nasi putih yang hanya mengandung 135 kalori. 

3. Cappuccino

Susu yang Anda gunakan untuk membuat cappuccino bisa sangat mempengaruhi kandungan kalorinya. Susu skim dapat menyumbang 68 kalori ke cappuccino Anda, lebih sedikit jika dibandingkan dengan susu full cream yang bisa menyumbang hingga 150 kalori. Sementara itu susu almond bisa jadi pilihan yang terbaik, karena hanya menyumbang sekitar 30 kalori.

4. Kopi susu

Kopi susu dengan kandungan gula dan susu kini begitu mudah ditemukan. Sama seperti cappuccino, kandungan kalori pada kopi susu juga tergantung dengan jenis susu dan banyaknya gula yang digunakan. Kopi dengan susu evaporasi mengandung 90 kalori. Sedangkan kopi dengan susu kental manis memiliki 135 kalori atau setara dengan 1 porsi nasi putih.

5. Kopi O

Selain kopi susu, Anda mungkin pernah mendengar jenis kopi O ketika berkunjung ke Singapura dan Malaysia. Kopi hitam yang hanya ditambah gula ini mengandung sekitar 85 kalori dalam setiap cangkirnya.

6. Frappuccino

Asupan kalori dari frappucino bisa sangat bervariasi tergantung pada topping yang Anda pilih. Bila hanya frappuccino, seporsinya mengandung sekitar 140 kalori. Bila ditambah dengan whipped cream makan akan menambah 101 kalori menjadi 241 kalori. Jumlah kalori tersebut sama dengan seporsi nasi ditambah dengan telur goreng.

7. Cafe Mocha

Kopi yang merupakan gabungan antara kopi, susu, dan cokelat ini memiliki jumlah kalori yang paling tinggi karena kandungan cokelatnya. Jika Anda membuatnya sendiri dengan bubuk cokelat murni, satu cangkir cafe mocha mengandung sekitar 197 kalori. Sementara itu cafe mocha yang biasa dijual secara komersial memiliki kalori yang lebih tinggi yaitu sekitar 250 kalori.

8. Kopi instan

Kopi praktis ini memiliki jumlah kalori yang beragam. Untuk kopi hitam instan tanpa gula kandungannya sekitar 5 kalori dalam setiap cangkir. Sedang kopi susu instan, bisa mengandung 80 kalori karena mengandung banyak gula dan krim. (Aul/ayk)


BACA JUGA