FOTO: Senyum Para Srikandi di Kabinet Indonesia Maju

CNNIndonesia/Adhi Wicaksono & ANTARA Foto, CNN Indonesia | Rabu, 23/10/2019 20:04 WIB

Jakarta, CNN Indonesia -- Presiden Jokowi memilih lima 'srikandi' untuk duduk di kursi menteri. Jumlah menteri perempuan pada periode ini mengalami penurunan dari sebelumnya.

Presiden Joko Widodo mengumumkan susunan menteri yang akan membantunya menjalani roda pemerintahan di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (23/10). Dari 38 menteri di Kabinet Indonesia Maju, lima 'srikandi' dipilih Jokowi untuk menduduki kursi menteri. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Tiga di antaranya merupakan wajah-wajah lama seperti Sri Mulyani Indrawati, Retno Marsudi, dan Siti Nurbaya. Sementara dua lainnya merupakan wajah baru seperti I Gusti Bintang Ayu Darmawati atau dikenal dengan Bintang Puspayoga dan Ida Fauziyah. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Wajah baru pertama adalah Bintang Puspayoga yang duduk sebagai Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak. Dia aktif dalam Aksi Solidaritas Era Kabinet Kerja saat sang suami, AAGN Puspayoga, masih duduk sebagai Menteri Koperasi. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono/ANTARA FOTO/Wahyu Putro A)
Sementara Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah diketahui telah lama duduk sebagai anggota DPR RI dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Dia juga merupakan pendiri Ketua Kaukus Perempuan Parlemen dan pernah menjabat sebagai Ketua Umum Pengurus Pusat Fatayat NU. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono/ANTARA FOTO/Wahyu Putro A)
Sri Mulyani kembali menduduki posisi Menteri Keuangan. Dalam sambutannya, dia mengucapkan terima kasih kepada suami dan keluarga yang telah menjaga dan mendampinginya selama tiga tahun menjadi menteri. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono/ANTARA FOTO/Wahyu Putro A)
Retno Marsudi juga turut kembali duduk di kursi Menteri Luar Negeri. Di bawah kepemimpinannya, Indonesia berhasil terpilih lagi menjadi anggota tidak tetap Dewan Keamanan PBB serta menjadi salah satu negara Dewan HAM PBB mewakili negara-negara Asia Pasifik periode 2020-2022. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono/ANTARA FOTO/Wahyu Putro A)
Sama seperti Sri Mulyani dan Retno Marsudi, Siti Nurbaya kembali menjadi 'srikandi' di jajaran kabinet Jokowi dan melanjutkan tugas sebagai Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono/ANTARA FOTO/Wahyu Putro A)
Bila dibandingkan dengan periode sebelumnya, jumlah menteri perempuan di Kabinet Indonesia Maju mengalami penurunan. Dari delapan menteri pada periode 2014-2019 menjadi hanya 5 pada periode sekarang. (ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari/foc.)