Jakarta Fashion Week

Menikmati Peragaan Busana dengan 'Gemuruh' di Telinga

Tim, CNN Indonesia | Kamis, 24/10/2019 07:43 WIB
Menikmati Peragaan Busana dengan 'Gemuruh' di Telinga Senayan City x Tangan menghadirkan cara baru menikmati peragaan busana di Jakarta Fashion Week 2020 di Senayan City, Jakarta, Rabu (23/10). (CNN Indonesia/Puput Tripeni Juniman)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pengalaman baru menikmati peragaan busana tersaji dalam show Senayan City X Tangan di Jakarta Fashion Week 2020. Tak hanya memanjakan visual, indera pendengaran ikut diajak menikmati koleksi terbaru dari Tangan.

Saat tiba di area panggung di The Crystal, di sebelah lobi utama Senayan City, penonton akan diberikan sebuah headset penghasil suara HD atau kualitas tinggi. Headset ini harus dipakai untuk menikmati peragaan busana.

Headset dirancang membuat pengguna tak bisa mendengar suara lain selain dari alat. Konsep ini membuat penonton lebih fokus.

Saat show dimulai, musik yang bergemuruh juga diputar dengan nuansa yang sedikit menakutkan. Satu persatu model mulai keluar memperagakan busana koleksi Tangan untuk Fall/Winter 2019.

Jika headset dilepas, tak ada suara apa pun yang terdengar, model hanya berjalan biasa tanpa iringan musik.

Suara yang keluar dari headset membuat penonton lebih fokus dengan musik dan peragaan busana dari para model.

Usaha ini patut diacungi jempol sebagai upaya menemukan cara baru untuk menikmati peragaan busana. Namun sayang, musik yang dikeluarkan tak variatif. Betapa tidak, bentuk suara kebanyakan hanya berupa gemuruh.


Koleksi 'Setengah Jadi'

Tangan menampilkan koleksi bertajuk Headway yang berarti progres atau kemajuan. Headway merupakan serangkaian kreasi busana yang mengusung konsep unfinished atau belum selesai.

"Koleksi ini tentang progres yang berkesinambungan sesuai dengan visi kami untuk terus berinovasi. Walaupun prosesnya belum selesai, tapi terlihat indah," kata co-founder Tangan, Margaretha Novianty.

Konsep unfinished terlihat dari benang jahit sebagai ornamen yang dibiarkan menguntai serta beberapa detail yang tak menyatu. Detail plaid dan teknik patchwork memberikan efek kontras pada koleksi ini. Seolah tampak simpel, tapi justru kompleks.

Menikmati Peragaan Busana dengan 'Gemuruh' di TelingaPeragaan koleksi busana Senayan City x Tangan dalam gelaran Jakarta Fashion Week 2020 di Senayan City, Jakarta, Rabu (23/10). (CNN Indonesia/Puput Tripeni Juniman)

Bahan-bahan yang digunakan pun beragam dari wol, sutra, organza, dan katun dengan dominasi warna bumi yang natural dan gelap. Total, koleksi tangan menampilkan 25 look dengan lima diantaranya merupakan busana pria.

Lewat koleksi ini, Tangan menyelipkan pesan agar setiap orang terus berprogres ke arah yang lebih baik.


(ptj/asr)