Cara Mengatasi Kulit Wajah yang Mengelupas

Tim, CNN Indonesia | Kamis, 24/10/2019 20:34 WIB
Cara Mengatasi Kulit Wajah yang Mengelupas Ilustrasi. Beberapa cara bisa dilakukan untuk mengatasi kulit wajah yang mengelupas. (Istockphoto/Wavebreakmedia)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kulit terkelupas bisa disebabkan oleh beragam alasan. Beberapa cara bisa dilakukan untuk mengatasi kulit wajah yang mengelupas.

Berdasarkan penyebabnya, ada beberapa pilihan cara untuk mengatasi dan mencegah pengelupasan kulit.

Kulit kering, reaksi terhadap produk skincare tertentu, dan kondisi kulit seperti dermatitis dan psoriasis adalah sedikit dari beragam penyebab kulit terkelupas.


Mengutip Medical News Today, berikut beberapa cara untuk mengatasi pengelupasan kulit.

1. Gunakan pelembap
Menggunakan pelembap setelah mencuci wajah dapat menjaga kulit tetap lembap. Hal ini juga sekaligus dapat mengobati kulit yang terkelupas akibat kering.

American Academy of Dermatology menyebutkan beberapa kandungan yang efektif menjaga kulit dari pengelupasan. Anda disarankan untuk menggunakan pelembap dengan satu atau lebih bahan seperti shea butter, lactic acid (asam laktat), hyaluronic acid, dimethicone, glycerin, lanolin, dan mineral oil.

2. Gunakan pembersih tanpa pewangi
Beralih ke sabun bebas pewangi dapat membantu mengobati pengelupasan kulit wajah.

Hindari pula penggunaan pembersih antibakteri atau yang mengandung wewangian. Pembersih jenis ini dapat membuat kulit kian kering.

3. Hindari produk yang dapat membuat kulit kering
Saat kulit wajah terkelupas, hindari beberapa produk yang mengandung alkohol, alpha hydroxyl acids, dan benzoyl peroxide.

Retinoid topikal juga diketahui dapat menyebabkan kulit kering. Retinoid merupakan versi sintetis vitamin A dan sering muncul dalam produk perawatan kulit.

4. Keringkan wajah dengan lembut
Setelah dicuci, tepuk permukaan wajah dengan menggunakan handuk yang lembut. Pendekatan ini dapat membantu mencegah pengelupasan kulit.

5. Oleskan lidah buaya
Mengoleskan gel lidah buaya juga dapat menjadi salah satu cara mengatasi kulit mengelupas. Gel ini bersifat antiinflamasi yang dapat membantu mengatasi kulit kering akibat sengatan matahari.

Para ahli dermatologi merekomendasikan penggunaan tabir surya SPF 30-45. Anda juga disarankan untuk mengaplikasikan gel lidah buaya pada area kulit yang terbakar matahari terlebih dahulu sebelum menggunakan tabir surya dengan SPF tinggi.

Ilustrasi. Mengoleskan gel lidah buaya sebelum menggunakan tabir surya dengan SPF tinggi menjadi salah satu cara untuk mengatasi kulit mengelupas. (Istockphoto/simarik)

6. Minum banyak air mineral
Meminum air mineral dengan cukup setiap hari dapat membantu menjaga kulit tetap terhidrasi dan mencegah pengelupasan.

7. Gunakan humidifier
Humidifier berfungsi untuk menambah kelembapan udara. Udara yang lembap dapat membantu mencegah kulit kering.

Hindari pula duduk di area panas karena ini akan memperparah pengelupasan kulit.

8. Pertimbangkan krim kortison
Krim ini dijual bebas dan dipercaya dapat membantu mengurangi peradangan dan menyembuhkan kulit. Krim ini akan sangat berguna pada kondisi seperti psoriasis atau dermatitis atopik yang menyebabkan pengelupasan.

Namun, sebelum memilih jenis pengobatan, Anda disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

9. Pakai tabir surya setiap hari
Menggunakan tabir surya setiap hari dapat membantu mengatasi kulit mengelupas akibat kerusakan. Tabir surya juga dapat memerangi gejala kulit lainnya seperti rosacea.

[Gambas:Video CNN] (asr/asr)